Lapak Baca Buku Gratis Demi Adik Santri

""

Portalarjuna.net – Purwosari, Buka lapak baca buku gratis demi membuka minat para santri untuk gemar membaca. Lapak ini sengaja di gelar untuk memunculkan minat membaca dikalangan santri Pondok Pesantren Ngalah.

“mengingat dawuh romo kyai bahwa kita harus membaca, maka saya terketuk untuk menularkan kesukaan dalam hal membaca ini ke adik-adik santri lainnya” terang AL penggagas berdirinya lapak baca buku gratis tersebut. (21/04/2018)
Kegiatan semacam ini sudah dimulai AL sejak januari 2018 kemarin. Semua buku yang dia bawa murni dari kantongnya sendiri. Lama-kelamaan banyak yang mendonasikan bukunya ke AL meskipun itu bekas.

“jumlah yang terkumpul sekarang kisaran 100 buku, harapan kedepan paling tidak, bisa sampai terkumpul 1000 buku” imbuhnya
Sistem Lapak baca tersebut hanya diterapkan di asrama putra saja. Dimana dia menggilir semua asrama putra setiap hari kamis dengan kisaran waktu 1-2 jam. Sedangkan di asrama putri dia menyalurkan bukunya lewat humas putri untuk tetap menjaga aturan yang sudah terbentuk di pondok pesantren. Dia juga menggunakan sistem peminjaman dengan target 10 hari kembali.
Kedatangan kesetiap asrama pun bukan dilakukan tanpa aturan. Malahan AL harus melakukan MoU dengan pihak tempat yang akan dijadikannya sebagai lapak baca. Buku bawaannya berisi motivasi, sejarah dan terkadang dia juga membawa buku kuliah yang dia punya yang khusus untuk prodi ilmu admistrasi niaga atau yang sekarang terkenal dengan ilmu administrasi publik sesuai pangsa pembaca atau mayoritas yang akan ditujunya.
“suatu saat saya berniat untuk berkolaborasi dengan organisasi yang ada disekitar kampus seperti MATAN, PMII, GMNI dan lain-lain untuk menambah pembendaharaan buku lapak saya” pungkasnya saat ditemui di kantin asrama E&F. (Dz)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.