Perkokoh Tradisi NU, Ponpes Ngalah Gelar Kegiatan Lailatul Hadrah ISHARI

""

Portalarjuna.net- Purwosari, Demi mengembangkan kebudayaan ala NU Pondok Pesantren Ngalah gelar Lailatul Hadrah ISHARI (Ikatan Seni Hadrah Indonesia) se-anak cabang Purwosari. Acara yang dilaksakan di masjid Aminah asrama E dan F Ponpes Ngalah ini mengundang kisaran 600 orang. “Target awal mengundang 1000 orang, namun yang bisa hadir kisaran 600 orang,” terang Ainurrofiq selaku devisi acara. Dari beberapa kecamatan yang diundang, terdapat 3 kecamatan yang tidak bisa hadir, yaitu kecamatan Sukorejo, Nongkojajar dan Purwodadi.

Acara yang berlangsung Sabtu (21/04/2018) ini dijamu oleh Muhammad Yusuf Wijaya selaku tuan rumah sekaligus pengasuh asrama E&F. Acara hadrah ini pertama kalinya dilaksanakan di pondok pesantren ngalah. “Sebenarnya acara ini dilatar belakangi isro’  mi’roj, silaturahmi dan sekaligus sebagai bahan penilaian atas perkembangan hadrah ISHARI milik pondok sendiri,” imbuhnya.

“Di era-era milineal seperti sekarang ISHARI di daerah Purwosari khususnya mulai menurun, tapi saya lihat pondok ngalah dan jabung masih saja eksis berjalan” ungkap pimpinan Ancab Purwosari. Terbukti dengan kedatangan tamu dari jabung yang membawa 3 truk peserta ISHARI.

Kepala Pondok Ngalah juga menegaskan bahwa ISHARI merupakan salah satu metode yang menunjukkan bahwa Ponpes Ngalah beraliran ahlisunnah waljama’ah. “keluarga ndalem merestui dan sangat bangga bahwa santri Ngalah bisa menjadi penerus bangsa untuk mengembangkan kebudayaan” pungkas Abdur Ghofur selaku Kepala Ponpes Ngalah. (Dz)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.