Prodi Ilmu Komunikasi, Jalin Sinergitas bersama Warga Hinterland Bromo demi sukseskan Tri Dharma Perguruan Tinggi

""

Portalarajuna.net-Tosari (05/03), Pertemuan kordinasi antara Prodi Ilmu Komunikasi Univ Yudharta dan Pejabat perangkat desa berlangsung di ruang sekretariatan desa Wonokitri-Tosari. Pertemuan ini dimaksudkan untuk menjalin kerja sama antara kedua belah pihak dalam rangka mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang mana dalam hal ini diwakili oleh Universitas Yudharta Psuruan melalui program pengabdian tahunan Hibah Bina Desa yang dibiayai oleh dikti.

“Kegiatan Kordinasi ini merupakan langkah awal Tim PHBD Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi  Universitas Yudharta untuk  menjalin kerja sama dan sinergitas bersama penduduk setempat untuk  mensukseskan Program Pendampingan Desa yang akan berlangsung selama 6 bulan kedepan” ujar Dianis, Ketua Tim Pelaksanaan PHBD 2018.

Mahasiswa semester 6 ini juga menambahkan bahwa sekarang Gunung Bromo telah masuk dalam 10 destinasi wisata Prioritas Nasional. Desa Wonokitri di Kecamatan Tosari tersebut merupakan salah satu kawasan Hinterland Bromo yang menjadi target pengembangan wisata Kabupaten Pasuruan.  Mata pencaharian mayoritas penduduk adalah bertani dan berkebun. Sementara itu, masalah utama dari desa ini adalah belum adanya tim managemen promosi serta media official yang digunakan oleh pemerintah dalam mengembangkan kawasan wisata Hinterland Bromo tersebut. Hal ini membuat eksotisme daerah kawasan Hinterland Bromo tidak terpublikasi dengan baik.

Beberapa Program kerja yang akan dilakukan antara lain berupa sosialisasi dan pelatihan. Sosialisasi lebih ditekankan untuk menciptakan rising awareness terhadap warga akan potensi wisata yang ada pada kawasan Hinterland Bromo tersebut serta beberapa Pelatihan yang difokuskan untuk penguatan Skill Komunikasi Kepariwisataan kepada para pemudanya.

“Melalui Program ini diharapkan mahasiswa dapat memperoleh kesempatan untuk lebih berperan aktif dalam pembangunan, yaitu pengabdian kepada masyarakat dengan membantu meningkatkan taraf ekonomi dan ilmu pengetahuannya,  menumbuhkan empati dan kepedulian mahasiswa pada lingkungan, menerapkan Ipteks dalam tim kerja yang bersifat interdisipliner, dan menanamkan nilai kepribadian, keuletan, etos kerja dan tanggungjawab serta karakter bangsa yang berdasarkan Pancasila” ujar Zainul Ahwan, Kaprodi Ilmu Komunikasi yang sekaligus berperan sebagai Dosen Pendamping kegiatan tersebut.(Dn)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.