Rayakan May Day, Buruh di Kabupaten Pasuruan Gelar Kegiatan Positif

""

Portalarjuna.net-Gempol . Sejumlah buruh di Kabupaten Pasuruan menggelar Jalan santai . Bertempat di Lapangan Desa Randupitu, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, Minggu (01/05/18). Dengan dihadiri oleh Sekda Kabupaten Pasuruan, Kapolsek Pasuruan Kota, Kapolres Gempol Pasuruan, Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan, Muspika Gempol Selaku Tuan Rumah.

M Yazid selaku ketua panitia menyampaikan bahwa kegiatan “May Day” dilaksanakan dengan 2 agenda dan berlangsung selama 2 hari.

“Sebenarnya kegiatan ini  sudah berlangsung sejak kemaren, Tepatnya yang pertama adalah kegiatan santunan anak yatim piatu di yayasan panti asuhan “Siti Fatimah” Pandaan sekaligus tasyakuran yang ditujukan untuk seluruh buruh yang ada di Indonesia pada Sabtu 30 April 2018 kemaren, lalu dilanjut acara kedua yaitu kegiatan jalan santai dengan tema “May Day Fun Day” pada hari Minggu Pagi, 01 Mei 2018 di Lapangan Desa Randupitu, Kecamatan Gempol”. Jelasnya saat ditemui di tengah kegiatan.

Kegiatan Hari Buruh Nasional kali ini dilakukan tak lain untuk mengapresiasi jasa buruh yang ada di Indonesia, dan tentunya tujuan utama dalam memperingati Hari Buruh Nasional ini adalah menolak adanya PERPRES NO. 20/2018 Penggunaan Tenaga Kerja Asing, Revisi UU.13/2003 Tentang Ketenagakerjaan, PP.78/2015 Tentang Pengupahan.

“Selain untuk menolak Peraturan Pemerintah yang telah diatur dalam Undang-undang tentang ketenagakerjaan, kami ingin hari libur sehari full untuk para buruh kali ini bisa membawa hiburan positif bagi mereka, ya contohnya dengan adanya jalan santai ini, jadi kita buat “may day fun day” ini”. Paparnya mengenai kegiatan di Minggu Pagi tadi.

Dengan suguhan musik Orkes Melayu menambah kemeriahan peringatan “May day” tahun ini. Hadiah utama seperti umroh untuk 2 orang dan berbagai dorprize menarik dibagikan kepada peserta yang mengikuti kegiatan hari buruh di lapangan Randupitu ini.

Kegiatan kali ini diikuti sekitar 1.500 buruh dari Sarbumusi Kabupaten Pasuruan, diantaranya Serikat Buruh SP RTMM SPSI (Serikat Pekerja Rokok, Tembakau Makanan dan Minuman SPSI) Kabupaten Pasuruan dan Buruh yang tergabung dalam FSPMI (Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia). (er)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.