KKN Kelompok 5 Jatirejo : Jalin sinergi dengan Home Industri wujudkan E-Commerce

""

Portalarjuna.net-KKN Kelompok 5 desa Jatirejo(01/08) merencanakan pembuatan program UMKM berbasis E-Comerce. Program ini termasuk program Unggulan dari kelompok 5, yang mana di dalamnya peserta KKN akan menjalin sinergi dengan para pelaku home industri di Desa Jatirejo dalam sebuah forum diskusi. Dalam forum diskusi tersebut, Kelompok 5 membuat kepengurusan yang mana kepengurusan tersebut di ambil dari setiap perwakilan Home industri untuk mengoperasikan wadah yang telah di siapkan. Tidak hanya itu kelompok 5 juga berinisiatif untuk membuat standarisasi harga untuk home industri yang telah di satukan. Agar tidak mempengaruhi kualitas dan merusak harga jual barang di pasaran.

Selain itu, Kelompok 5 juga akan membuat beberapah wadah di dalam jejaring media dan sosial med. Untuk memasarkan produk dari home industri yang telah di satukan, kelompok 5 akan memaksimalkan keilmuan yang dimiliki mahasiswa khususnya di bidang Media dan IT yang berkerja sama dengan bidang sosial dan ekonomi. Tak lupa pula, demi merealisasikan kegiatan tersebut peserta KKN juga menggandeng parah tengkulak (Suplayer) menjadi salah satu mitra kerja dari wadah UMKM yang telah dibuat.

Dengan adanya program ini kelompok 5 berharap kualitas produk home industri desa jatirejo dapat dimaksimalkan sehingga harga jual yang diperoleh tidak sampai merusak harga pasar. “Dengan adanya UMKM dari home industri, dapat membuat kualitas barang yang baik tanpa merusak harga pasar. Semakin rendah harga barang semakin kecil kemungkinan kualitas barang menjadi baik. Dan juga dengan adanya UMKM ini dapat menggandeng mitra kerja yang semakin banyak” Ujar Nizar Dzulqarnain, Ketua kelompok 5. (DN)

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.