Tim PKM Komunikasi Wakili Yudharta ke PIMNAS 31 Tahun 2018 di UNY

""

Portalarjuna.net-Tim PKM prodi ilmu komunikasi siap berlaga dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2018 yang dilaksanakan pada 28 Agustus-02 September 2018 di Universitas Negeri Yogyakarta. Satu tim yang berhasil lolos tersebut terdiri dari tiga orang anggota yang kesemuanya merupakan mahasiswa kebanggaan Ilmu Komunikasi yakni Muslim, Akhsanatul mardliyah, dan Nur Badriatus Solicha. Ini merupakan kali kedua bagi Universitas Yudharta Pasuruan lolos dalam ajang bergengsi bagi mahasiswa ini setelah tim dari prodi pertanian yang melaju pada PIMNAS 2011 lalu.

Prestasi yang diraih ini tentu menjadi berkah sekaligus menjadi tantangan untuk mahasiswa maupun bagi perguruan tinggi. Kedua belah pihak harus saling bersinergi untuk meningkatkan kualitas mahasiswa untuk bersaing dengan perguruan tinggi yang sudah melambung Namanya. Kaprodi Ilmu Komunikasi, Zainul Akhwan menuturkan kebanggannya pada pencapaian yang telah anak didiknya raih pada perhelatan bergengsi ini. “ Alhamdulillah, tim PKM-PSH Prodi Ilmu Komunikasi bisa lolos pimnas ke 31 di UNY. ini bisa jadi motivasi untuk mahasiswa yudharta, bahwa kita bisa bersaing dengan kampus besar lainnya. Setidaknya kedepan kita bisa berikhtiyar untuk meningkatkan kualitas dengan keterlibatan aktif dalam kompetisi mahasiswa” tuturnya.

Anggapan serupa juga disampaikan oleh ketua LPPM Universitas Yudharta Pasuruan terkait pencapaian yang membanggakan ini. “masuknya tim PKMSH Yudharta pada PIMNAS 31 ini menunjukan mahasiswa kami mampu bersaing dengan perguruan tinggi negeri dan swasta di seluruh indonesia” Jelas Khafid Rosyidi. Reancanya pihaknya akan melakukan serangkaian program peningkatan mutu serta berharap terdapat lebih banyak lagi tim yang bisa lolos pada PIMNAS mendatang. “Kedepan kami berinisiatif mempersiapkan serangkaian program peningkatan mutu pkm 5 bidang. Semoga tahun depan tim bisa lolos lebih banyak lagi”. Lanjutnya.

Disisi lain bagi Muslim, ketua tim PKM komunikasi berpendapat bahwa perjuangan untuk lolos pimnas tidak mudah serta penuh perjuangan. Pasalnya, ia merupakan salah satu mahasiswa yang sudah berumah tangga. “ memang butuh pengorbanan apalagi mahasiswa seperti saya ini yang sudah berumah tangga. Harus bisa membagi waktu kapan untuk keluarga, untuk bekerja, dan untuk kuliah sama penelitian”.

Meskipun telah banyak meraih prestasi, namun mereka tidak lantas harus berpuas diri dengan apa yang diraih. “sopo sing nandur bakale panen, sopo sing tirakat bakale kuat (barangsiapa yang menanam akan memanen, siapa yang tirakat akan kuat). Tirakatnya mahasiwa ya serius fokus belajar dan berprestasi”. Hal ini merupakan kata kata yang sering diungkapkan kaprodi Ilmu Komunkasi bagi para mahasiswa  pada banyak kesempatan.(Nic)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.