Eksotika 3 Air Terjun Indah Dalam Satu Destinasi, Wajib Kunjungi!!

""

PortalArjuna.net-Air terjun merupakan salah satu destinasi wisata yang menarik untuk di kunjungi. Salah satunya ialah wisata air terjun Granjangan yang terletak di lereng Gunung Arjuno dan Gunung welirang tepatnya di Desa Ledug Kecamatan Prigen. Air terjun ini baru ditemukan sekitar tahun 2013 dalam keadaan asri dan sedikit orang yang mengetahui. pada sekitar tahun 2014, destinasi wisata ini mulai dirintis untuk akses pembenahan jalan menuju lokasi.

uniknya, tak hanya terdapat satu air terjun, namun tiga sekaligus. ada dua air terjun lagi yang di temukan dalam satu lokasi yang sama, yakni air terjun Pakem dan Kedung dawuk yang masih berada di satu lokasi dengan air terjun Granjangan. Kedua air terjun tersebut berada di sebelah kanan tak jauh dari air terjun Granjangan. Letak air terjun Pakem tepat berada di atas air terjun Kedung Dawuk yang hanya memiliki ketinggian sekitar 8 meter. Ketiga air terjun ini memiliki kesamaan yakni air yang segar dan jernih juga pemandangan yang bagus untuk di buat spot foto.

Jika anda berada di daerah Tretes, anda dapat menempuh perjalanan sekitar 15 menit untuk dapat menikmati keindahan alam di wisata air terjun ini. Bagi para pengunjung yang akan menuju wisata air terjun tersebut, harus berjalan kaki dan melewati jalan setapak yang masih licin dan dipenuhi bebatuan. Hal tersebut di sebabkan karena kendaraan tidak dapat memasuki area. kebanyakan pengunjung yang membawa kendaraan dapat diparkir di halaman rumah Kasman, salah satu pengelola air terjun.

Menurut Kasman salah satu warga sekaligus juru kunci mengatakan bahwa pada awal ditemukannya, akses jalan menuju air terjun masih sangat ekstrem. Tidak ada pagar pembatas, licin, datarannya curam sehingga mengkhawatirkan keselamatan pengunjung yang ingin mengunjungi air terjun tersebut. “Awal di temukan jalanan masih sangat mengkhawatirkan setiap orang yang datang untuk berkunjung, karena kondisi tidak memungkinkan untuk dilewati akhirnya saya dan warga setempat yang mau membantu berinisiatif untuk membenahi jalan dengan menggunakan alat seadanya” Ucapnya.
Meskipun diawali dengan melewati jalan yang ekstrim, namun hal tersebut akan terbayar ketika sampai di air terjun dengan pemandangan yang indah juga air yang begitu jernih dan segar. Kelebihan dari wisata air terjun ini, tidak ada biaya masuk. hal tersebut di karenakan belum adanya fasilitas yang memadai seperti tempat loket, tempat istirahat dan pelayanan yang masih belum maksimal. “Kami tidak memungut biaya perorangan untuk pengunjung yang masuk, karena tempat dan pelayanan belum maksimal juga belum adanya bantuan dari pemerintah untuk perbaikan, kami malah senang apabila banyak pengunjung yang datang untuk melihat air terjun” tambahnya. (Rh)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.