Lima OSIS SLTA di Prigen Dilatih Jadi Peer Educator Pencegahan HIV di Sekolah

""

PortalArjuna.net- Kegiatan workshop HIV yang digagas sebagai bentuk kepedulian terhadap kasus penderita HIV yang terus meningkat dilakukan di lantai 5 universitas Yudharta Pasuruan. fasilitator kegiatan terkait adalah Zainul Ahwan, selaku dosen ilmu komunikasi sekaligus sebagai tim PKM yudharta yang selama ini berfokus pada persoalan HIV dan AIDS. Kegiatan tersebut diikuti oleh 30 siswa dari perwakilan 5 OSIS SLTA di Prigen sebagai partisipan pada Rabu, 22 Agustus 2018.

Dalam pelatihan tersebut peserta dibekali tentang penguatan pengetahuan tentang HIV dalam tinjauan medis serta tinjauan agama yang disampaikan oleh dr. H. Ahmad Budiono, S.Kep, MM. Selain itu peserta juga dibekali skill komunikasi dalam melakukan kampanye pencegahan HIV dan AIDS mulai penggunaan media presentasi, teknik komunikasi dalam kampanye, serta penggunaan metode game dan simulasi dalam melakukan sosialisai bahaya HIV dan AIDS.

Dari pelatihan ini, Zainuddin selaku ketua tim PKM Universitas Yudhrta Pasuruan berharap peserta nantinya akan menjadi peer educater (pendidik sebaya) di sekolah masing-masing yang mempunyai pengetahuan dan skill yang baik dalam melakukan kegiatan kampanye bahaya HIV dan AIDS pada teman-temannya disekolah.
“peran peer educator itu sangat penting karena nantinya jadi role model disekolah yang bisa melakukan sosialisasi bahaya HIV dan AIDS bagi teman-temannya sehingga kegiatan sosialisai bisa dilakukan kapanpun dan dalam bentuk apapun karena mereka berinteraksi dengan teman-teman mereka disekolah” Ujar Zainuddin pendiri Sekolah Alas Welirang Prigen (Nic)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.