Peringati Maulid Nabi Warga Pacarkeling Adakan Rebutan Uang Receh

""

Portalarjuna.net-Memperingati hari besar Islam yakni maulid Nabi Muhammad SAW yang tepat diperingati pada setiap tanggal 11 malam bulan robiul awal banyak sekali adat atau budaya yang dilaksanakan oleh setiap daerah. Seperti pada daerah Kejayan tepatnya di Desa Pacarkeling merayakan kelahiran nabi Muhammad dengan berebut uang recehan dan berebut berbagai sandang pangan yang di gantung di setiap Masjid.

Acara peringatan maulid Nabi sangat meriah, hampir semua warga Desa Pacarkeling menghadiri setiap Masjid yang ada di desa tersebut, warga Desa Pacarkeling sangat antusias untuk ikut berebut.

Menurut kepala Desa Pacarkeling berebut uang receh pada peringatan maulid Nabi sudah ada sejak dulu bahkan peringatan seperti ini sudah menjadi tradisi di Desa Pacarkeling jadi peringatan maulid Nabi bukan hanya pembacaan maulid diba’ saja tapi juga diramaikan dengan berebut uang recehan yang di lakukan di setiap Masjid secara bergilir.

“Berebut uang receh memang dilakukan setiap peringatan maulid Nabi, tidak hanya uang receh saja yang diperebutkan tapi juga ada sandang pangan yang di gantung” ujar Imron Rosyadi selaku kepala desa.

Meriahnya peringatan maulid Nabi juga tak lepas dari partisipasi semua warga, karna untuk uang yang di perebutkan merupakan sumbangan dari warga setempat, tetapi untuk sandang pangan merupakan iuran dari warga setempat, dengan hasil uang iuran mereka membelikan barang berupa sandang pangan kemudian di gantung untuk diperebutkan.

“Uang yang diperebutkan itu murni dari uang warga sendiri seperti warga yang berkecukupan mereka turut berpartisipasi dengan memberi uang receh untuk diperebutkan, kalau sandang pangan yang di gantung dari iuran warga jadi setiap warga di mintai iuran seikhlasnya lalu uang nya di belikan sandang pangan untuk digantung” imbuh Muhammad Jakfar salah satu warga.

Peringatan maulid nabi ini menjadi momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh warga Desa Pacarkeling karna selain kemeriahannya dalam peringatan maulid nabi warga juga dapat merebut uang hingga bisa mencapai 50.000 lebih dan juga sandang pangan.

“Saya merasa senang sekali saat peringatan maulid Nabi acaranya sangat meriah, berkat acara ini saya bisa mendapatkan kipas dan juga uang sebanyak 45000, momen seperti ini memang sangat dirindukan” pungkas Wiwik Sundari.(mun)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.