Perkuat Skill Dalam Kampanye Pencegahan HIV, Yudharta Dorong Aktivis Muda FBO Jadi Peer Educator di Organisasinnya Masing-Masing

""

PortalArjuna.net-Dalam usaha pencegahan peluasan HIV dan AIDS yang prosentasenya cukup tinggi di daerah Pasuruan, kegiatan-kegiatan yang melibatkan organisasi kepemudaan terus dilakukan. Pasalnya, mereka dianggap sebagai insan yang memiliki potensi tinggi terhadap usaha preventif kasus HIV dan AIDS serta relevan dengan fenomena perkembangan HIV di Pasuruan yang didominasi oleh kalangan usia produktif atau remaja.

Tepatnya Pada tanggal 22 Agustus 2018 sebagai bentuk tindak lanjut Workshop pencegahan HIV dan Aids pada remaja, dilakukan pelatihan bagi pendidik sebaya (peer educator) HIV dan Aids yang diikuti oleh 44 aktifis muda FBO se Kecamatan Prigen. Acara yang bertempat di HallMeeting Universitas Yudharta Pasuruan tersebut membekali peserta tentang teknik skill komunikasi dalam melakukan kampanye bahaya HIV dan Aids meliputi teknik dasar publik speaking, metode simulasi dalam melakukan sosialisasi setta pemanfaatan media presentasi secara tepat. Penguatan skill komunikasi tersebut difasilitatori oleh Zainul Ahwan selaku tim PKM Yudharta dalam sekaligus sebagai Kaprodi Ilmu Komunikasi.

Selain penguatan skill komunikasi dalam kampanye, pada pelatihan tersebut, peserta juga dibekali pengetahuan tentang HIV dalam tinjauan tinjauan agama yang disampikan oleh Mukhid Mashuri kaprodi Ilmu Alqu’an dan tafsir (IAT) Universitas Yudharta Pasuruan.
Diakhir kegiatan pelatihan tersebut, Hafidz Rosyidi selaku Kepala LPPM Uinersitas Yudharta berharap kedepan peserta pelatihan mampu mengimplementasikan keilmuan yang diperolehnya untuk kegiatan pencegahan HIV dan Aids di daerahnya masing-masing sehingga level Pasuruan darurat HIV bisa diminimalisir secara signifikan. “kami hanya berharap teman-teman FBO berbasis kepemudaan di prigen ini setalah dapat ilmu tentunya harus dipraktekkan sehingga ilmu itu manfaat dan persoalan HIV di pasuruan juga bisa ditekan” ucapnya. (Nic)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.