Hadirnya Apel Impor Membuat Harga Apel Lokal Kian “Hancur”

""

PortalArjuna.net-Pasuruan,Harga apel lokal semakin hari kian menurun, hingga perkilonya mengalami penurunan sebesar 5 ribu rupiah. Harga awal apel yang berkisar 15 ribu kini menjadi 10 ribu per kilo setelah aprl impor memasuki pasar lokal dan menjadi primadona pembeli. Apel impor yang masuk ke Indonesia mengakibatkan penurunan angka jual apel lokal, sehingga hal tersebut juga mengakibatkan para pedagang buah mengeluh.

Hadirnya apel impor yang masuk ke Indonesia dan kualitas apel impor yang dianggap lebih baik oleh pecinta apel mampu menggeser jauh dari kedudukan apel lokal sebelumnya. Hal ini dianggap menjadi salah satu faktor penyebab penurunan harga jual apel lokal, maka tak heran jika para pedagang dan petani apel lokal mengeluh atas kondisi pasar sekarang.

Menurut Ngatmini (60) sebagai penjual apel lokal yang sudah menjalani pekerjaannya selama hampir 30 tahun, harga apel lokal mengalami kemerosotan yang sangat drastis. “Harga apel lokal sekarang sangat hancur, sampai sekarang menjadi 10 ribu rupiah untuk per kilo nya, padahal awalnya 15 ribu rupiah untuk harga jual apel yg berkualitas baik, Saya merasa sangat rugi dengan keadaan seperti ini” pungkas Ngatmini. (nia)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.