MATAN Universitas Yudharta Pasuruan Peringati Maulid Nabi Dan Dibaiyah Dengan Iringan Band

""

Portalarjuna.net- Tepat pada Kamis, 20 desember 2018, Organisasi Mahasiswa Ahli Thoriqoh Naqsabandiyah (MATAN) Yudharta telah selenggarakan acara peringatan maulid Nabi Muhammad S.A.W yang bertempat di gedung aula pancasila Universitas Yudharta Pasuruan.

Acara tersebut disusun dengan serangkaian kegiatan yang diikuti oleh seluruh mahasiswa organisasi MATAN dan perwakilan dari beberapa santri pondok pesantren Ngalah.Beberapa rangkaian acara yang di laksanakan. Mulai dari sambutan-sambutan, pembacaan dibaiyah bersama yang diiringi oleh band T.59, dan pada akhir acara grup komedian Abioso mengambil alih untuk memandu puncak acara yaitu tausiyah dan dialog interaktif bersama KH. Nur Mustofa Hasyim dari Jombang.

Menurut ketua komisariat MATAN Kabupaten Pasuruan acara tersebut sebagai salah satu bentuk gerakan guna mennghindari provokasi dari kelompok yang membid’ahkan maulid nabi.
“acara ini diadakan untuk memperingati maulid Nabi SAW sekaligus sebagai gerakan untuk menangkis segala bentuk provokasi-provokasi dari kelompok tertentu yang menyerukan bahwa peringatan maulid Nabi Muhammad SAW, merupakan sesuatu hal yang dihukumi bid’ah dan haram untuk dilakukan” jelasnya.

Yang unik dalam acara ini adalah kegiatan dibaiyah diiringi langsung dengan band T.59, pasalnya pada lumrahnya dibaiyah dilakukan dengan diiringi al banjari. Hal ini merupakan permintaan dari pengasuh Pondok Pesantren Ngashor Jombang Gus Nur Mustofa Hasyim yang menginginkan cara berdibaiyah yang berbeda, karena menurutnya Nabi menyukai kesenian dan tidak menutup kemungkinan band yang bermodalkan alat gitar, drum dan bass juga merupakan salah satu dari seni yang di sukai Nabi meskipun di zaman Nabi tidak ada alat-alat moderen.

Dari kegiatan yang diselenggarakan oleh MATAN tersebut diharapkan kedepannya organisasi MATAN bisa dapat semakin berkembang dan jaya serta menumbuhkan rasa kepedulian generasi muda dalam memberantas ajaran-ajaran yang menyuarakan radikalisme. (Dia)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.