Karang Taruna Kecamatan Pasrepan Berkomitmen Mengangkat Kekayaan Alam Kecamatan Pasrepan

""

PortalArjuna.net- Kekayaan alam yg dimiliki oleh Desa-desa yang berada dikecamatan Pasrepan cukup melimpah. Dari 17 desa, ada beberapa desa memiliki buah-buahan khas yang sangat layak untuk diperkenalkan kepada masyarakat luas. Salah satu buah kebanggaan Kecamatan Pasrepan adalah durian, tidak heran jika Pasrepan dikatakan sebagai daerah penghasil durian.
Buah durian asli pasrepan sebagian besar terdapat di 5 desa yaitu Desa Petung, Tempuran, Klakah, Ampelsari & Ngantungan yang harus tetap dilestarikan.

Berangkat dari sinilah, Pengurus Karang Taruna kecamatan Pasrepan di awal tahun 2019 berkomitmen untuk mengenalkan buah-buahan asli kecamatan Pasrepan. Adapun salah kegiatan yang dilakukan adalah mendatangi langsung petani durian yang ada di Desa Petung.

Kegiatan yg dilaksanakan pada hari sabtu (12/1/2019) dimaksudkan untuk berbincang langsung dengan para petani tentang bagaimana proses merawat, memanen serta memasarkan durian yg ada di desa Petung. Sekitar 6 jam Pengurus Karang Taruna Kecamatan Pasrepan berada didesa Petung dengan didampingi oleh salah satu pengurus karang taruna asal petung dan perangkat desa setempat.

Mereka kemudian menuju salah satu petani durian yang membudidayakan durian Kasmin, Si Karim dan Sikeceng yg merupakan durian khas Petung. Dari perbincangan bersama petani, didapatkan banyak informasi bagaimana merawat, memanen serta memasarkan durian khas desa tersebut. Selain itu, diambil beberapa gambar dan video yang nantinya akan dijadikan sebagai bahan untuk mempromosikan Buah Durian yang di budidaya oleh masyarakat Kecamatan Pasrepan.

Ahmad Widi, sebagai ketua karang taruna kecamatan Pasrepan menuturkan, kegiatan ini merupakan salah program kerja Karang Taruna Kecamatan Pasrepan. Selain itu, pria yang berdomisili di desa Pasrepan menjelaskan bahwa karang taruna harus mengawali untuk mengenalkan Potensi-potensi yang dimiliki Kecamatan Pasrepan. “Kalau bukan kita, siapa lagi ?? Kalau tidak sekarang, kapan lagi??”. Begitulah slogannya dalam memotivasi pengurus Karang Taruna Kecamatan Pasrepan. (Nick)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.