Kertosari Raih Penghargaan Wisata Desa Award 2019

Kertosari Raih Penghargaan Wisata Desa Award 2019 "Kertosari Raih Penghargaan Wisata Desa Award 2019"

PortalArjuna.net-Prestasi membanggakan dicapai Desa Wisata Kertosari (DWK). Sebuah desa yang terletak di ujung wilayah Kecamatan Purwosari perbatasan dengan Kebun Raya Purwodadi, Kabupaten Pasuruan itu meraih juara kedua dalam Wisata Desa Award 2019.

Penghargaan itu diberikan pada Malam Anugerah Wisata Desa Award (WDA) di Ballroom Hotel Horison Pasuruan, Jumat (29/3/2019).

Terdapat beberapa indikator penilaian sebelum tim juri yang terdiri dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, dan Forkom Pokdarwis Jawa Timur, memutuskan Desa Wisata Kertosari menjadi juara. Diantaranya mengenai destinasi wisata, sarana penunjang, sapta pesona, tata kelola dan homestay, kuliner dan souvenir.

Desa Wisata Kertosari berhasil menyisihkan 15 desa se-Kabupaten Pasuruan yang masuk dalam Finalis Wisata Desa Award 2019. Seperti, Desa Jatiarjo, Pleret, Oro-oro Ombo Kulon, Jarangan, dan Patuguran. Lalu Sumberejo, Jatisari, Tambaksari, Kalipucang, dan Ngembal. Juga Tosari, Podokoyo, Puspo dan Wonosari.

Wisata Desa Award merupakan bentuk apresiasi dari pelaksanaan Program Agribisnis & Agrowisata Desa Inovatif (PADI) yang dilakukan oleh Komunitas Averroes Malang bekerjasama dengan Sampoerna untuk Indonesia yang telah berjalan sejak 2016 lalu.

Ketua Komunitas Averroes Sutomo berharap, melalui Wisata Desa Award tersebut, masyarakat desa akan lebih terdorong untuk lebih menggali dan mengembangkan potensi yang ada di desanya. Sehingga tingkat kesejahteraan di desa juga akan ikut tumbuh.

Sementara itu, perwakilan PT HM Sampoerna Kukuh Dwi mengatakan, pihaknya akan terus mendukung upaya masyarakat desa mengembangkan sektor pariwisata berbasis masyarakat. Salah satunya dengan upaya kerja sama antara Sampoerna Indonesia, Averroes dan Pemkab Pasuruan.

Kepala Desa Kertosari Waluyo Utomo yang menerima penghargaan itu mengatakan, capaian membanggakan ini merupakan hasil sinergi Pemerintah Desa, Manajemen Desa Wisata Kertosari dan seluruh masyarakat Kertosari.

“Kerja keras dan komitmen Manajemen DWK dan juga masyarakat Kertosari untuk mewujudkan visi desa wisata kian mendapatkan apresiasi pihak luar. Semoga kedepan, semakin berkembang dan berdampak kepada kesejahteraan masyarakat,” harapnya saat didampingi Direktur DWK Buhajar.

Buhajar menambahkan, apresiasi juara Wisata Desa Award ini menjadi pemicu sekaligus motivasi untuk pihaknya lebih fokus dan konsisten terhadap pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan wisata desa.

“Tentu kami bangga dan bersyukur dengan penghargaan ini. Sekaligus menjadi pemantik bagi kami untuk terus meningkatkan pengelolaan, layanan wisata dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka turut mendongkrak perekonomian melalui wisata desa,” tandasnya. (nik)

Tinggalkan balasan

Tidak Banyak Orang Tahu, Ini Khasiat Daun Alpukat
KKNT Kemaritiman Kelompok 12 : Sosialisasi Program, Bapak dan Ibu Kepala Desa Pulokerto Angkat Bicara
Univ. Yudharta Pasuruan : Lepas 456 mahasiswa ikuti kegiatan KKN
Pembukaan Musda ke-4 Jatman Jatim Meneguhkan Politik Ulama Thariqo
MA Darut Taqwa, Optimis Jadi Barometer Madrasah Literasi Nasional
Tumbuhkan Benih Perdamaian, Gereja Kristen Jawi Wetan Pandaan Adakan ‘Camp Remaja Lintas Iman’
PMII Gelar Aksi Peduli Demokrasi dan Doa Bersama TNI POLRI Untuk Keutuhan NKRI
Meriah, Peringati Harlah IPNU IPPNU Dengan Gebyar Sholawat
Ramadhan Datang, Mengaji Jadi Penenang
Al-Mustafidah Kembali Jadi Juara Festifal Al-banjari Se-Jawa Timur
Prihatin Banyak Bencana, Malam Tahun Baru diisi Khotmil Qur’an dan Doa Tolak Bencana
No Preview
Ratusan Santri Mengikuti Gurah Masal di Ponpes Ngalah
Wujud Pengabdian, LPPM Yudharta Akan Bangun Infrastruktur Langit Suku Tenger
Kurangi penggunaan Gadget, Pasuruan adakan Festival Dolanan Tradisional
Kemeriahan Pawai Ogoh-ogoh Desa Kayukebek
Tidak Banyak Orang Tahu, Taman Lansia Sepi Pengunjung
Wujud Pengabdian, LPPM Yudharta Akan Bangun Infrastruktur Langit Suku Tenger
Halal Bihalal, Camat Pasrepan Ajak Saling Memaafkan dan Tingkatkan Pelayanan
Sambut 1 Syawal, Karang Taruna Purwosari Adakan Takbir Keliling
Saluran Air Terputus, Warga Desa Palangsari Terpaksa Gunakan Air Hujan Untuk Penuhi Kebutuhan Sehari-hari