Petani Kentang Alami Kerugian Besar Akibat Curah Hujan

""

Portalarjuna.net-Petani kentang alami kerugian besar yang diakibatkan curah hujan yang terjadi akhir-akhir ini. Selain itu kerugian diakibatkan oleh bibit yang kurang berkualitas serta pemupukan yang di oplos sehingga mengakibatkan hasil panen menjadi menurun drastis. Hal itu dirasakan oleh Bambang selaku pemilik ladang kentang di beberapa titik di Desa Palangsari Kecamatan Puspo Kabupaten Pasuruan. Jum’at(12/04/2019).


Tumbuhan kentang merupakan salah satu sayuran yang sangat sensitif terhadap cuaca maupun proses pemupukan. Gagal panen merupakan hasil yang diperoleh saat terjadi proses pertumbuhan kentang yang tidak sesuai. Hal ini dirasakan oleh salah satu pemilik ladang kentang yang sudah melakukan usaha tani tumbuhan kentang, Bambang(45). Ladang yang sangat luas serta proses yang benar menjadikan hasil panen sangat menguntungkan, namun akan menjadi sebuah kerugian besar pula jika proses pengolahan ladang panen dilakukan dengan buruk.


“Selain diakibatkan cuaca yang buruk, pemupukan yang tidak sesuai, adanya bobor (jenis ulat tanah), tekstur tanah yang tidak sesuai mengakibatkan hasil kentang tidak maksimal. Apalagi cuaca sekarang sangat buruk setiap harinya, ini menjadikan hasil seperti gagal panen dan sangat merugikan bagi pemilik ladang” tutur Udin selaku karyawan pemilik ladang.

Dalam hal ini kerugian mencapai 80%, dapat dilihat dari jumlah kentang yang didapat menjadi sangat menurun dratis. Karena diawal panen ladang masih menghasilkan kentang sebanyak 8 ton pada tiap ladangnya, namun panen kali ini hanya menghasilkan kentang sebanyak 4 ton dari 7 ladang.(nia)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.