Saluran Air Terputus, Warga Desa Palangsari Terpaksa Gunakan Air Hujan Untuk Penuhi Kebutuhan Sehari-hari

""

Portalarjuna.net-Saluran air yang tertimbun tanah longsor mengakibatkan warga Desa Palangsari Kecamatan Puspo tak bisa merasakan hadirnya air sumber yang menjadi kebutuhan pokok sehari-hari dan terpaksa menggantinya dengan air hujan, Rabu (10/04/2019).

Curah hujan yang tinggi memang kerap kali membawa beberapa kerugian bagi sebagian besar masyarakat. Tanah yang sering diguyur hujan menjadi sangat mudah runtuh atau longsor. Hal ini dialami oleh warga Desa Palangsari yang terpaksa harus menggunakan air hujan sebagai pengganti bahan pokok dalam kebutuhan sehari-hari. Air sumber yang berasal dari pegunungan biasanya menjadi bahan pokok warga, namun kini tidak bisa mereka rasakan dikarenakan saluran air yang terputus diakibatkan oleh timbunan tanah longsor.


Selain mengalami kekurangan air sumber sebagai kebutuhan, warga Desa Palangsari terpaksa menggunakan air hujan sebagai kebutuhan lainnya, seperti minum, memasak, mandi dan lainnya.“Kami terpaksa harus menggunakan air hujan sebagai pengganti air sumber. Meski ini tidak biasa kami lakukan, namun keadaan memaksa kami” ujar Ami.


Air sumber terputus sekitar dua hari lalu dan selama itu pula warga memanfaatkan air hujan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Namun sejauh ini hal tersebut tidak mengakibatkan kejadian yang fatal seperti datangnya penyakit atau hal-hal semacam lainnya.(nia)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.