Dorong Inovasi pengelolaan sampah di pesantren, santri ngalah dibekali Managemen Administrasi Bank Sampah Berbasis IT.

""

PortalArjuna.net- Sebagai bentuk tri dharma perguruan tinggi, Tim program pengabdian masyarakat (PKM) Universitas Yudharta Pasuruan menyelenggarakan pelatihan managemen bank sampah berbasis IT untuk pengurus bank sampah Pondok Pesantren Ngalah Sengonagung Purwosari Pasuruan. bertempat di Universitas Yudharta Pasuruan (10/7/19). Pelatihan tersebut bertujuan untuk memberikan inovasi dan peningkatan mutu managemen administrasi pengelolaan sampah disetiap asrama melalui pemanfaatan teknologi IT berbasis aplikasi android SMAH Bank Sampah dan Web www.banksampah.id. Pelatihan yang dihadiri sejumlah pengurus kebersihan pusat, asrama ponpes Ngalah serta perwakilan SMP Bhineka Tunggal Ika berjalan dengan lancar. Dipandu oleh Daimul Abror dan Amang FR, Peserta dilatih secara bertahap mengenali aplikasi mulai dari pembuatan akun, cara login, penambahan anggota, input jenis sampah sampi pada tahapan.

Saat dijumpai tim Portal Arjuna, Daimul Abror selaku pemateri sekaligus ketua tim program pengabdian masyarakat (PKM) Universitas Yudharta Pasuruan menuturkan bahwa pelatihan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan skill pengurus kebersihan pondok pesantren dan lembaga pendidikan dikawasan pesantren Ngalah dalam hal managemen adminitrasi bank sampah yang lebih modern melalaui pemanfaatan aplikasi SMASH bank sampah dan banksambah.id.

“Pemanfaatan aplikasi ini sebagai inovasi managemen administrasi yang lebih modern, sekaligus sebagai pembelajaran bagi santri dalam mengikuti perkembangan teknologi sehingga kita bekali skill penggunaan aplikasi SMASH bank sampah dan banksambah.id. mudah-mudahan ini bisa lebih memacu semangat pengurus pondok dan lembaga pendidikan dikawasan pesantren Ngalah dalam pengelolaan sampah” Rabu,(10/7/19). (Ar)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.