Kerukunan Umat Beragama Jadi Topik Utama Dalam Penerimaan Peserta KKN di Desa Kayukebek

""

PortalArjuna.net- Mahasiswa KKN PPM 2019 Universitas Yudharta Pasuruan kelompok 9 melaksanakan pemberangkatan pada hari Senin, 29 Juli 2019. Mahasiswa KKN Universitas Yudharta Pasuruan ini menuju Balaidesa Kayukebek pukul 07:00. Kemudian disambut oleh Qomari selaku sekretaris desa di Desa Kayukebek Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan. Tak hanya Sekdes, mahasiswa KKN juga di sambut oleh Subur selaku kepala Dusun Taman.

Penerimaan mahasiswa KKN di Desa Kayukebek berlangsung di ruang pertemuan kantor Balaidesa. Proses penerimaan mahasiswa KKN ini bertujuan agar mahasiswa KKN mendapatkan himbauan dan bimbingan ketika berlangsungnya KKN selama 1 bulan di desa Kayukebek.

Ceremony pembukaan di awali sambutan oleh Qomari, di ikuti oleh 33 peserta KKN PPM 2019 Universitas Yudharta Pasuruan meliputi 29 mahasiswa reguler dan 4 mahasiswa nonreguler. Dalam sambutannya, Qomari tak segan memberi arahan kepada mahasiswa KKN. Perangkat desa menghimbau kepada mahasiswa KKN, agar tetap mengikuti alur yang sudah berjalan di desa, terutama di Desa Kayukebek mengenai kerukunan umat beragama.

” Sejak 2018, sudah tidak ada perseteruan lintas agama atau antar warga di Desa Kayukebek ini. Meski penduduknya terdiri dari agama Hindu dan Islam, tetapi mereka guyub rukun, saling menghormati satu sama lain. Dari perangkat desa berharap besar dengan kedatangan mahasiswa KKN ini, terutama untuk menjaga kerukunan umat beragama “, tutur Qomari.

Tak hanya itu, mahasiswa KKN juga di harapkan untuk bisa membantu kegiatan-kegiatan di Desa Kayukebek selama bulan Agustus ini, mengingat dalam bulan Agustus banyak sekali kegiatan rutinan desa yang sudah tertata rapi. Tetapi, meski sudah ada jadwal kegiatan desa, di harapkan juga ada kegiatan yang di lakukan dalam program kerja mahasiswa KKN. (lid)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.