Kelompok KKN PPM Prigen 2 Ikuti Proses Pengolahan “Kopi Gentong” Khas Ledug

""

PortalArjuna.net- Setelah membantu petani kopi Ledug memanen kopi satu hari yang lalu, sore tadi mahasiswa KKN PPM Prigen 2 membantu packaging di rumah Yanto selaku ketua kelompok tani Ledug. Kopi Ledug memiliki rasa yang khas, selain butuh ketelitian dalam menanam bibit kopi, memanen juga butuh kesabaran. Demi mendapat pengalaman dan pengetahuan tentang kopi kelompok Prigen 2 turut membantu proses demi proses pengolahan kopi kepada petani kopi Ledug. jum’at, (02/07/2019).

Dilahan sepuluh hektar yang dimiliki Yanto mampu menghasilkan dua belas Kwintal tiap tahunnya. Meskipun sempat rugi dan hanya mampu mendapat untung sebesar sepuluh juta tiap tahun, namun ia mampu bangkit dan mengajak para petani lebih fokus memanagement pengolahan dan keuangan. Alhasil hingga kini ia mampu meraup keuntungan sebesar tiga puluh satu juta tiap tahun.

Dengan dibantu kelompok KKN PPM Prigen 2 sore tadi mereka membantu packaging kopi seberat kurang lebih lima belas kilo. Menurut Yanto mahasiswa perlu mengetahui bagaimana cara memproduksi kopi, seperti menggiling juga packaging “anak-anak mahasiswa juga perlu tau, bagaimana proses merawat kopi sehingga menghasilkan cita rasa kopi yang enak dan dapat dinikmati banyak orang, seperti menggiling bahkan pengemasan kopi, apalagi kopi Gentong ini memiliki cita rasa yang khas” ujarnya.”.

Dari kegiatan tersebut ketua KKN Prigen 2 berharap mahasiswa dapat lebih mencintai produk kopi lokal khususnya kopi yang ada di Ledug “saya berharap dari kegiatan ini, teman-teman dapat lebih mencintai produk kopi yang ada disini. Serta mengetahui cita rasa kopi gentong khas Ledug. Karna memang setiap kopi memiliki cita rasa yang berbeda” Ujar Pulung selaku ketua kelompok.(RH)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.