Mahasiswa KKN Kolursari Latih Pemuda Berdayakan Potensi Mangga Jadi Sari Mangga

""

Portalarjuna.net –  Rabu (07/08/2019) malam KKN PPM 2019 Universitas Yudharta Pasuruan Kelompok 1 Bangil mengadakan Penyuluhan Home Industri “Mangosari: Sari Mangga”. Kegiatan dihadiri oleh pemuda-pemudi Kelurahan Kolursari, Bangil. Acara penyuluhan ini bermaksud untuk memanfaatkan potensi mangga yang melimpah di Kelurahan Kolursari.

Penyuluhan Sari Mangga dilakukan oleh Mahasiswa Ilmu Teknologi Pangan Universitas Yudharta Pasuruan dari Kelompok 1 KKN PPM 2019. Narasumbernya yaitu Kunti Mufarikha, salah satu Mahasiswa Ilmu Teknologi Pangan. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu memberdayakan potensi buah mangga dengan lebih inovatif, selain itu juga merangsang ide kreatif para pemuda dalam pemanfaatan potensi daerah. 

Menyadarkan pemuda bahwa buah mangga bisa dijadikan olahan, contohnya sari buah mangga. Yang bisa mengangkat nilai tambah dari mangga tersebut sehingga pemuda tidak bergantung pada perusahaan,” ujar Akhmad Ansori Abdullah, mahasiswa Ilmu Teknologi Pangan (ITP) Universitas Yudharta Pasuruan Kelompok 1 KKN PPM 2019.

Pemuda kelurahan Kolursari yang termasuk IPNU, IPPNU dan Karang Taruna turut menjadi peserta kegiatan ini. Mereka tampak antusias dalam mengikuti rangkaian acara. Acara berlangsung selama kurang lebih satu setengah jam. Penyuluhan tersebut meliputi jenis mangga, kandungan di dalamnya dan proses pembuatan sari mangga dari awal sampai akhirnya siap untuk diminum. Para peserta juga diberikan hasil sari mangga yang telah diproses tadi.

Harapannya semoga dengan hal ini potensi mangga yang melimpah di Kelurahan Kolursari dapat termanfaatkan dengan baik. Serta dengan diadakannya hal tersebut dapat menghasilkan lapangan pekerjaan baru bagi para pemuda. Mahasiswa KKN Kolursari juga berharap dapat terwujudnya jalinan silaturahmi yang baik antara mahasiswa dan pemuda Kelurahan Kolursari. (vir/foto: ton)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.