Ritual Larungan Petik Laut, Selametan Desa Pulokerto

""

Portalarjuna-(Kraton) Desa Pulokerto Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan gelar “Ritual Larungan” Petik Laut dalam rangkaian Selametan Desa, khususnya Para Petani Tambak dan Nelayan (04/08/2019).

Kepala Desa (Kades) Pulokerto menerangkan bahwa Ritual Larungan tersebut rutin diadakan setiap tahun pada bulan Agustus sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat berupa anugerah alam pesisir.

“Alhamdulillah setiap tahun kita bisa menggelar Selametan Desa dan Ritual Larungan Petik Laut dalam rangka syukuran atas anugerah alam pesisir nan melimpah,” terang Ainul Yakin, Kades Pulokerto.

Nanang Rohman, Pendamping Lokal Desa setempat menambahkan selametan Desa dan Petik Laut merupakan tradisi lokal masyarakat pesisir yang masih lestari sampai sekarang untuk menjaga budaya gotong royong warga Desa Pulokerto.

Selametan dan Petik Laut Desa Pulokerto sendiri juga dirangkai dengan acara Tasyakuran Kemerdekaan Bangsa Indonesia ke-74th pada malam minggunya (03/08). Setelah Petik Laut dilanjut Lomba Balap Perahu di “Congapan” (istilah warga setempat untuk menyebut Pertigaan Terakhir Sungai dan Laut) lokasi Ritual Larungan Petik dan Lomba Balap Perahu.

Pada malam hari (ba’da isya’) ditutup dengan pembagian hadiah dan panggung hiburan oleh Pelawak Syukur CS dari Probolinggo (Mus)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.