Sambut Revolusi Industri 4.0, MA Al Hikmah Gandeng RTIK Latih Pembelajaran Berbasis Digital

Sambut Revolusi Industri 4.0, MA Al Hikmah Gandeng RTIK Latih Pembelajaran Berbasis Digital "Sambut Revolusi Industri 4.0, MA Al Hikmah Gandeng RTIK Latih Pembelajaran Berbasis Digital"

Portalarjuna.net- BANGIL – Berkembangnya teknologi informasi dan telekomunikasi saat ini, ternyata secara tidak langsung menuntut guru untuk berinovasi. Cara yang dilakukan adalah ikut berselancar dalam perkembangan di dalamnya dan menggunakan pembelajaran berbasis digital.

Kepala MA Al Hikmah Bangil, Khoirul Abid, S.Hi mengatakan jika tuntutan seorang guru saat ini sangatlah besar dan harus melek teknologi dengan memanfaatkannya sebagai media pembelajaran.

“Kita menyambut baik revolusi industry 4.0 dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) khususnya untuk pendidikan dimana guru dituntut bisa memanfaatkan teknologi untuk aktivitas belajar mengajar,” katanya sebagai pembuka pelatihan pembelajaran berbasis digital di Ruang Laboratorium Komputer MA Al Hikmah Bangil, Rabu (30/10/2019).

Menurut dirinya, saat ini banyak guru yang terdorong untuk mengenal materi pembelajaran yang menanfaatkan aplikasi pembuatan video seperti yang saat ini dilakukan. Dari beberapa media tersebut bisa memudahkan para pengajar untuk menyampaikan materi pembelajaran.

“Dengan berbasis digital, bahan materi ajar bisa dengan mudah difahami dan menarik untuk dilihat oleh siswa, sehingga lebih memudahkan,” jelasnya.

Ia menerangkan, sebanyak 15 guru yang ikut pelatihan yang diselengarakan ini dilatih untuk membuat media pembelajaran membuat konten video dari aplikasi yang sudah ada di android.

“Pada Pelatihan ini kami mendatangkan narasumber dari Relawan TIK Pasuruan yang akrab di panggil Kak Bro untuk bersama belajar membuat kelas digital yang bisa digunakan untuk pembelajaran siswanya,” paparnya.

Sementara itu, Pengawas Madrasah Kemenag Kabupaten Pasuruan, Bapak Drs. M. Fatoni, M.Pd mengaku jika pelatihan seperti ini sangan diperlukan di era digital ini, menurutnya dengan digitalisasi tersebut segala materi ajar dari teori ataupun praktik akan lebih memudahkan siswanya untuk belajar.

“Saya mengapresisasi kegiatan kali ini, tentu sangat membantu guru dalam membuat materi yang menarik untuk siswa sehingga lebih mudah difahami dan tentu belajar lebih menyenangkan,” tambahnya. (muslim)

Tinggalkan balasan

No Preview
Inovasi Olahan Cabe Merah Besar di Desa Karanganyar Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo
Tidak Banyak Orang Tahu, Ini Khasiat Daun Alpukat
KKNT Kemaritiman Kelompok 12 : Sosialisasi Program, Bapak dan Ibu Kepala Desa Pulokerto Angkat Bicara
Univ. Yudharta Pasuruan : Lepas 456 mahasiswa ikuti kegiatan KKN
Sambut Revolusi Industri 4.0, MA Al Hikmah Gandeng RTIK Latih Pembelajaran Berbasis Digital
Dimomen Hari Sumpah Pemuda, Kader IPNU-IPPNU Kabupaten Pasuruan Raih Penghargaan Pemuda Pelopor
Buat Pohon Literasi Digital, Kasi Pendma Dorong Kepala RA Di Purwosari Ikut Anugerah Guru Inovatif
Perkuat Madrasah Literasi, MA Darut Taqwa MoU Dengan MAN 1 Gresik
Semarakan Maulid Nabi, Warga Banyusari Gelar Pengajian Akbar
Lagi-Lagi Yayasan Al Karomah Purwosari Santuni Anak Yatim Hinggah Puluhan Juta
Kader IPNU-IPPNU Kabupaten Pasuruan, Bicara Peran Millenial di Forum Internasional
Baru Bangkit, PAC GP Ansor Pasrepan Ta’aruf Organisasi
Desa Wisata Kertosari Sisihkan Kaliandra di Ajang Nasional ISTA 2019
Ritual Larungan Petik Laut, Selametan Desa Pulokerto
Wujud Pengabdian, LPPM Yudharta Akan Bangun Infrastruktur Langit Suku Tenger
Kurangi penggunaan Gadget, Pasuruan adakan Festival Dolanan Tradisional
Semarakan Maulid Nabi, Warga Banyusari Gelar Pengajian Akbar
No Preview
Inovasi Olahan Cabe Merah Besar di Desa Karanganyar Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo
Karnaval Desa Purwosari Bikin takjub seluruh warga
Tingkatkan potensi usaha agar lebih kreatif, inovatif, dan produktif, KKN 13 UYP buat website E-commerce dan adakan Sosialisasi pengembangan UMKM bersama Satria Emas Desa Sekar Putih, Pasuruan