Sambut Revolusi Industri 4.0, MA Al Hikmah Gandeng RTIK Latih Pembelajaran Berbasis Digital

""

Portalarjuna.net- BANGIL – Berkembangnya teknologi informasi dan telekomunikasi saat ini, ternyata secara tidak langsung menuntut guru untuk berinovasi. Cara yang dilakukan adalah ikut berselancar dalam perkembangan di dalamnya dan menggunakan pembelajaran berbasis digital.

Kepala MA Al Hikmah Bangil, Khoirul Abid, S.Hi mengatakan jika tuntutan seorang guru saat ini sangatlah besar dan harus melek teknologi dengan memanfaatkannya sebagai media pembelajaran.

“Kita menyambut baik revolusi industry 4.0 dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) khususnya untuk pendidikan dimana guru dituntut bisa memanfaatkan teknologi untuk aktivitas belajar mengajar,” katanya sebagai pembuka pelatihan pembelajaran berbasis digital di Ruang Laboratorium Komputer MA Al Hikmah Bangil, Rabu (30/10/2019).

Menurut dirinya, saat ini banyak guru yang terdorong untuk mengenal materi pembelajaran yang menanfaatkan aplikasi pembuatan video seperti yang saat ini dilakukan. Dari beberapa media tersebut bisa memudahkan para pengajar untuk menyampaikan materi pembelajaran.

“Dengan berbasis digital, bahan materi ajar bisa dengan mudah difahami dan menarik untuk dilihat oleh siswa, sehingga lebih memudahkan,” jelasnya.

Ia menerangkan, sebanyak 15 guru yang ikut pelatihan yang diselengarakan ini dilatih untuk membuat media pembelajaran membuat konten video dari aplikasi yang sudah ada di android.

“Pada Pelatihan ini kami mendatangkan narasumber dari Relawan TIK Pasuruan yang akrab di panggil Kak Bro untuk bersama belajar membuat kelas digital yang bisa digunakan untuk pembelajaran siswanya,” paparnya.

Sementara itu, Pengawas Madrasah Kemenag Kabupaten Pasuruan, Bapak Drs. M. Fatoni, M.Pd mengaku jika pelatihan seperti ini sangan diperlukan di era digital ini, menurutnya dengan digitalisasi tersebut segala materi ajar dari teori ataupun praktik akan lebih memudahkan siswanya untuk belajar.

“Saya mengapresisasi kegiatan kali ini, tentu sangat membantu guru dalam membuat materi yang menarik untuk siswa sehingga lebih mudah difahami dan tentu belajar lebih menyenangkan,” tambahnya. (muslim)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.