Ancak Ramaikan Sedekah Bumi Di Desa Dayurejo

""

Gambar Diambil Saat Ancak Dikarak Warga

Portalarjuna.net,-Dayurejo – Bersih Desa atau yang biasa disebut selamatan desa adalah hal yang sudah wajar di lakukan disetiap desa-desa khususnya di daerah Pasuruan, seperti halnya  di Desa Dayurejo Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan.

Selamatan desa sendiri adalah upacara adat yang sudah turun temurun dari nenek moyang yang bertujuan membersihkan Desa Dayurejo dari sebuah balak. Bentuk sesajinya adalah dalam bentuk makanan (Minggu, 29/09/2019)

acara selamatan desa ini adalah salah satu bukti bahwa masyarakan tidak melupakan sejarah dan kegiatan yang sudah di lakukan turun menurun dari nenek moyang Desa Dayurejo” ujar Kepala Desa Dayurejo Wahono.

Acara yang di hadiri oleh Camat Prigen Bpk. Mujiono,. S.Sos,.M.Si Kabid komunikasi publik kominfo Ibu Tri Krisni Astuti, S.sos, MM, Bpk. Bahrul Alam. Selain itu Dinas Pariwisata Kabupaten Pasuruan juga hadir.

Bersih desa dilakukan dua tahun sekali yang dalam selamatan desa tersebut setiap RT mengeluarkkan satu jenis ancak dan setiap dusun memiliki dua perwalikan yang akan dikirim ke balai desa yang bernamakan ancak lanang dan ancak wedok, ancak lanang berisikan hasil bumi seperti sayuran, nasi, ayam dan ikan sedangkan pada ancak wedok berisikan makanan ringan seperti kue tradisional kembang gulo, jajanan kelapa dan lain-lain setelah itu ancak tersebut akan dibawa ke balai desa dengan disertai arak-arakan.

Tidak sampai situ saja dari pemerintah kabupaten pasuruan dan kecamatan prigen pun sangat mengapresiasi kegiatan tersebut sehingga tokoh masyarakat atau tokoh masyarakat mengirimkan dua ancak yang di kirikan ke kantor Kecamatan Prigen dan Kantor Kabupaten Pasuruan agar masyarakat Pasuruan mengetahui bahwa kebudayaan Di Desa Dayurejo masih kental. (sutres)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.