Ancak’an Snack (Jajan ciki), Meriahkan Maulid Nabi Di Bandung, Tulungagung

""

Gambar suasana persiapan ancak’an di halaman Masjid Baiturrahman Desa Kedungwilut(08/11)

Menyambut maulid nabi muhammad SAW Remaja Masjid Baiturrahman Desa Kedungwilut Bandung Tulungagung gelar Tradisi Aksi Ancak’an.

Kegiatan aksi ancak’an merupakan salah satu tradisi perayaan maulid nabi di Desa Kedungwilut. Aksi ini, dilakukan dengan cara rebutan yang dipandu oleh panitia. Sehingga pada kegiatan aksi ancak’an ini peserta yang mengikutinya sengaja dikhususkan bagi kalangan anak-anak saja, hal ini bertujuan untuk menetralisir adanya korban saat sesi rebutan berlangsung.

Melalui hasil wawancara langsung kepada ketua panitia, dapat diperkirakan snack yang telah di sediakan dan siap di rebutkan sebanyak 200 bungkus snack meliputi, snack 500an, dan snack harga 1000an yang di masukkan pada kantong plastik. Snack atau jajanan tersebut kemudian didadong  atau dikaitkan pada tali yang sudah terpasang di halaman masjid.

“Pesertanya anak-anak disekitar sini saja, dengan menyediakan jajan ciki-ciki kira-kira sebanyak 200 bungkuslah, sudah banyak itu buat rebutan” tukas Ibu Lilik selaku pemandu aksi ancak’an.

Selain aksi ancak’an ada juga pertunjukan sholawat al-banjari, pesta sego purih serta tabligh akbar sebagai acara inti. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi wadah mempererat tali persaudaraan yang terbangun di Desa Kedungwilut. (irna)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.