Inovasi Olahan Cabe Merah Besar di Desa Karanganyar Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo

""

 

Portalarjuna.net -Masyarakat Indonesia suka mengkonsumsi cabe sebagai penambah selera makanan, namun keberadaan cabe terkadang langka, dan kadang membanjiri pasaran, sehingga harga cabe akan menjadi rendah atau murah. Ketiga cabe murah, maka akan berdampak pada modal yang tidak sesuai dengan harapan, alias rugi. Untuk itu Dosen Pertanian Universitas Yudharta Pasuruan membuat inovasi olahan cabe yang terjadwal dalam acara pengabdian masyarakat dengan materi Olahan Cabe Merah Besar menjadi Bubuk, Abon, dan Saus. (09/07/2019)

Acara yang di laksanakan di Desa Karanganyar Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo, diikuti oleh Kelompok Ibu-ibu PKK RT.010/RW.004 Desa Karanganyar. Bentuk pelatihannya demo secara langsung dengan disertai modul pembuatan olahan cabe merah besar menjadi bubuk, abon, dan saos. Dalam sesi terakhir para dosen yang melaksanakan pengabdian tersebut menghibahkan alat untuk pengolahan produk, yang telah di pakai dalam pelaksanaan pengabdian.

Harapan dari pelatihan ini agar masyarakat menjadi embrio bisnis dengan membuat aneka olahan cabe besar menjadi bubuk, abon, dan saus, sehingga dapat meningkatkan kemandirian ekonomi masyarakat, khususnya ibu-ibu PKK. Pemateri/Tim pelaksana diantaranya Dr. Deny Utomo, SPi, MP (Univ Yudharta), Dr. Kholid Murtadlo, SE, ME (Univ Yudharta), Syaiful, SKom, MKom (Universitas Nurul Jadid Probolinggo).

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.