Pedagang Kaset Sering Mengeluh, Sebab CD/DVD Sudah Jarang Laku Terjual

""

Pedagang Kaset VCD/DVD di Pasar Wonorejo (2 oktober 2019)

Portalarjuna.net,Pasuruan, kemajuan teknologi bagi banyak orang bisa berarti berkah dan menjadi solusi untuk masalah, namun bagi sebagian orang juga menjadi hal yang bisa mengubah pendapatan. Hal tersebut di alami oleh para pedagang VCD dan DVD yang kini merasakan sulitnya mendulang rupiah dari kepingan yang berisi lagu-lagu terbaru tersebut.

Sebagian pedagang VCD dan DVD mengalami penurunan di karenakan jarang terjualnnya barang dagangan mereka. Pada era teknologi yang semakin canggih mengalami persaingan yang sangat  kuat.

Berkembangnya teknologi membuat para pedagan kaset DVD resah. Munculnya smartphone yang semakin canggih, di tambah lagi dengan akses mudah internet yang semakin meluas. Karena teknologi merupakan suatu hal yang aplikatif, maka perkembagan teknologi sangat mempengaruhi perubahan aktivitas ekonomi, sosial, politik dan budaya dari kehidupan manusia, sehingga sejarah teknologi dapat pula di konstruksi berdasarka perubahan-perubahan ini (Wikipedia.com)

Perkembangan teknologi sangat berpengaruh pada omzet harian mereka. Imam pedagang VCD dan DVD harus banting stir ketika ponsel intar mulai membanjiri pasar tradisional. Tentunya, konten lagu dan video yang ada di smartphone juga sudah bisa di unduh secara online, maka pemilik pemutar DVD semakin sedikit.

sekarang peminat VCD dan DVD semakin berkurang, jarang ada orang yang mau beli kaset. kemungkinan yang beli kadang seharinya 3 sampai 5 orang sudah alhamdulillah yang penting cukup buat kebutuhan sehari – hari” ujar imam

Sebagian daerah memang sudah mengerti internet dan segala macam sosmednya. Salah satunya youtube yang membuat penikmat VCD jarang diminati saat ini. Hanya sebagian dari kalangan orang yang belum paham betul dengan adanya internet dan youtube.

saya tidak punya hp yang canggih, jadi kalo mendengarkan atau melihat filem ya lewat CD ini,” pengakuan si pembeli

Pada era yang sangat mudah untuk melihat dan mengakses segala macam yang di ingikan, hampir seluruh masyarakat terhipnotis jika tidak pandai menggunakan teknologi tersebut. (Intn)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.