PERINGATI MAULID, KESERUAN KERESAN JADI IKON UNIK MOJOKERTO

""

Mojokerto (PortalArjuna.Net) – Beragam, itulah kata yang tepat untuk peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di berbagai daerah di indonesia begitu pula dengan kata unik, peringatan yang dilakukan dengan cara berbeda lantas membuat riuh dan seru warga yang menyambutnya.

Seperti halnya tradisi KERESAN untuk memperingati maulid nabi di wilayah mojokerto tepatnya di Dusun Mengelo, Desa Sooko, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur yang tepat dilaksanakan pada jumat (8/11/19) kemarin berlangsung sangat meriah, gelak riuh warga tak terhindarkan lagi ketika mengambil hasil bumi yang digantung di pohon kersen, dengan total biaya yang cukup fantastis yaitu mencapai kurang lebih 30 juta rupiah.

setiap tahun memang ada mbak tradisinya, tidak main – main untuk anggarannya, bisa mencapai total 30 juta kita persembahkan untuk kecintaan Allah SWT, Nabi Besar kita Nabi Muhammad SAW” tukas Abraham Saleh Selaku Kepala Desa Sooko.

istilah keresan sendiri berasal dari kata “kersen” atau pohon kersen yang mempunyai ciri memiliki buah kecil berbentuk bulat dan berwarna merah mirip dengan buah ceri dan bisa tumbuh lebat dalam waktu singkat dari sinilah filosofi kesejahteraan umat islam setelah kelahiran nabi Muhammad SAW membuat semua hasil bumi melimpah, tumbuhan subur dan seluruh umat bergembira dan sejahtera.

Di pohon inilah berbagai macam hasil bumi meliputi baju, sembako, topi, sepatu, jas hujan, perabot rumah tangga dll di gantung dan siap direbutkan oleh warga sekitar setelah usai prosesi doa dan sholawat nabi berlangsung. (isna/ndra)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.