Unik, peringatan Maulid Desa ini gelar tradisi udik-udikan

""

SidoarjoNews.com- Puluhan warga  mendatang i musholla  majlis  taklim, sidoarjo,  untuk merayakan  peringatan  maulid  Nabi  Muhammad SAW. Bersamaan dengan pelaksanaan Tradisi  udik-udikan, Sabtu (9/11/2019).

Tradisi Udik-udikan merupakan  tradisi  yang  dilaksanakan  setiap  maulid  Nabi  Muhammad SAW. Di desa Mbuaran,  Keboguyang, Sidoarjo.  Acara tersebut merupakan  sebuah  tradisi  dimana orang-orang  meluapkan rasa syukurnya atas rezeqi yang telah didapat dan bertujuan untuk  menolak balak.

Tradisi tersebut dilakukan  dengan membagikan  uang  yang ada di dalam baskom  yang  terdiri dari  beberapa  uang  logam dan  kertas  dengan  cara  dilemparkan,  lalu  dijadikan  sebagai ajang perebutan baik muda maupun lansia turut  berpartisipasi.

Hal ini sudah menjadi kebiasaan warga kampung untuk menggelar tradisi tersebut, selepas diba’iyah bersama maka acara udik-udikan itu pun dilakukan. Acara tersebut juga dapat memeriahkan perayaan peringatan maulid Nabi.

selagi dapat bermanfaat bagi orang lain,ya.. harus dilestarikan” ungkap salah satu warga mbuaran tersebut. (14/11/2019). (Fit/ila).

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.