AQUA Keboncandi Berikan 900 Bibit Pohon Pada Kegiatan Kemah Konservasi Sekolah Sahabat Mata Air 2019

""

Portalarjuna.net-Pasuruan, AQUA Keboncandi dan yayasan Field Indonesia mengadakan kegiatan kemah konservasi 2019 sebagai bentuk aksi nyata untuk melestarikan alam dan konservasi air yang diadakan selama dua hari yakni pada tanggal 21-22 Desember 2019, tepatnya di Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan.

Dalam kegiatan ini juga berkolaborasi bersama Dinas Pendidikan, DLH Kabupaten Pasuruan, Muspika Kecamatan serta pegiat lingkungan serta 30 sekolah diseluruh Kabupaten Pasuruan, yang terdiri dari Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) untuk berkomitmen menjaga kelestarian lingkungan.

Kegiatan yang mengusung tema “Lestarikan Lingkungan, Makmurkan Masa Depan” ini sangat sesuai dengan visi yang diemban oleh pihak Aqua yakni “One Planet, One Health”  yang memiliki maksud melalui suatu pemahaman bahwa kesehatan masyarakat dan kesehatan bumi memiliki hubungan yang sangat erat untuk menjaga agar bumi sehat dan Lestari. Maka kegiatan sasarannya yaitu siswa atau siswi kader lingkungan sekolah baik SMP maupun SMA. Karena, mereka merupakan generasi atau kader-kader masa depan yang diharapkan akan mampu menjaga kelesatarian bumi ini baik dari kelestarian lingkungan alam maupun konservasi air.

Dalam Sambutannya, Hari Wicaksono selaku SR Manager PT. Tirta Investama Keboncandi mengatakan bahwasannya, kegiatan kemah konservasi 2019 ini sudah yang ke 10 kali, berkelanjutan sejak dimulainya kegiatan ini pada tahun 2009 silam.

Hari Wicaksono juga mengatakan bahwa, PT. Tirta Investama Keboncandi memiliki komitmen ganda yaitu selain mengedepankan dari segi bisnis perusahaan, AQUA juga memiliki komitmen dalam segi sosial melalui payung AQUA Lestari yang berusaha untuk menyebarluaskan kebaikan melalui kegiatan-kegiatan sosial seperti kegiatan kemah konservasi sekolah sahabat mata air 2019 ini.

“Serta Danone-AQUA menerapkan Planet Sirkular dalam operasionalnya, yaitu sirkular kemasan, sirkular air, dan sirkular karbon. Sirkular kemasan dijalankan melalui penggunaan kemasan ramah lingkungan dan pengelolaan sampah plastik; sirkular air diimplementasikan melalui pengelolaan dan konservasi sumber daya air secara terpadu; dan sirkular karbon diwujudkan melalui kebijakan kenetralan karbon yang dicapai melalui pengurangan emisi karbon dan efisiensi energi. Semua itu terangkum dalam konsep pabrik ramah lingkungan dengan menjalankan program Blue Operations di semua pabrik Danone-AQUA di Indonesia,” ungkapnya.

Dalam kemah konservasi 2019 ini, pihak PT. Tirta Investama Keboncandi juga memberikan 900 bibit pohon kepada pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan, yang selanjutnya ditanam serentak oleh peserta kemah konservasi SSMA 2019.

Heru Setyoko, Project Director Yayasan Field Indonesia menyampaikan “Kami berterima kasih diberikan kesempatan oleh AQUA Keboncandi untuk menggelar kegiatan ini. Para kader lingkungan diharapkan dapat menularkan pengalaman yang didapatkan pada kemah konservasi ini kepada rekan-rekannya. Karena upaya konservasi air tidak bisa dilakukan sendiri, harus bersama-sama, maka Field Indonesia juga menyelenggarakan Sekolah Lapangan Perlindungan Mata Air bersama 51 orang petani di Tosari dan Pasrepan. Pendekatan Sekolah Lapangan menggunakan metode pembelajaran orang dewasa dan kerap menjadi pintu masuk yang efektif bagi upaya-upaya konservasi tanah dan air.” jelasnya.

Adanya kegiatan kemah konservasi 2019 ini, diharapkan peserta “Sekolah Sahabat Mata air” terutama para siswa SMP maupun SMA, mampu meneruskan dan menjaga keberlangsungan kelestarian alam dan konservasi air serta mampu memberikan contoh dan pengetahuan kepada teman-teman sekolahnya yang lain akan pentingnya menjaga kelestarian alam dan konservasi air. (El)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.