AQUA Keboncandi Menginisiasi Kegiatan Pelatihan Pengelolaan Sampah TPS 3-R di 3 Desa sekitar Pabrik

""

Portalarjuna.net- Pasuruan, AQUA Keboncandi bermitra dengan Yayasan Social Invesment Indonesia mengadakan kegiatan pelatihan sanitasi total berbasis masyarakat dan management pengelolaan sampah TPS 3-R serta pemanfaatan sampah mandiri ditingkat desa yang meliputi Desa Keboncandi, Desa Tenggilisrejo Kecamatan Gondangwetan serta Desa Mendalan Kecamatan Winongan yang dilaksanakan pada tanggal 13 Januari 2020, tepatnya di Balai Desa Keboncandi Kabupaten Pasuruan.

Kegiatan ini hasil kolaborasi antar berbagai pihak terkait, diantaranya adalah Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pasuruan, Kecamatan Godangwetan, FKPL (Forum Komunikasi Peduli Lingkungan), Puskesmas Gondangwetan serta masyarakat yang menjadi penerima manfaat pelatihan pengelolaan dan pemanfaatan sampah.

SR Manager PT. Tirta Investama Keboncandi Hari Wicaksono mengatakan bahwa kegiatan pengelolaan serta pemanfaatan sampah ini merupakan salah satu bagian dari komitmen ganda yang dimiliki oleh pihak Danone-AQUA yakni keseimbangan antara bisnis & komitmen dalam segi sosial yang diterapkan melalui kegiatan-kegiatan positif terhadap lingkungan seperti penanganan masalah pengelolaan sampah.

“Saat ini kita dihadapi dengan masalah pengelolaan sampah. Hasil penelitian bahwa setiap individu rata-rata menghasilkan sampah 800 gram setiap harinya, berarti dalam setahun satu orang menyumbang sampah seberat 292 Kg. Karena itulah pentingnya melakukan pengelolaan sampah dirumah, tujuan pengelolaan sampah adalah membuat sampah memiliki nilai ekonomi atau merubahnya menjadi bahan yang tidak membahayakan lingkungan. Dengan pengelolaan sampah rumah tangga yang benar dapat membantu untuk menekan dampak negative sampah terhadap lingkungan.” jelasnya.

Suprapto, Kepala Bidang II Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pasuruan menyampaikan “Masalah sampah sudah menjadi masalah nasional jika tidak ditangani dengan benar akan mengakibatkan lautan sampah. Namun, Sampah adalah berkah, jika sampah tersebut dapat dikelola dengan baik dan benar. Masalah sampah juga menjadi tanggung jawab kita semua mulai dari pemerintah, masyarakat serta pihak swasta. mari bersama-sama menangani sampah dengan baik yaitu antara lain dengan pembuatan bank sampah. Karena bank sampah ini tidak memerlukan bangunan melainkan hanya ditimbang dan sampah ekonomis bisa langsung menjadi rupiah.” ungkapnya.

Selain itu, hasil yang diharapkan dari adanya kegiatan pelatihan pengelolaan dan pemanfaatan sampah tersebut adalah terbentuknya RTL (Rencana Tindak Lanjut) terkait dengan pengelolaan dan pemanfaatan sampah disetiap desa, termasuk Desa Desa Keboncandi, Desa Tenggilisrejo Kecamatan Gondangwetan serta Desa Mendalan Kecamatan Winongan.

Tinggalkan balasan

AQUA Keboncandi Menginisiasi Kegiatan Pelatihan Pengelolaan Sampah TPS 3-R di 3 Desa sekitar Pabrik
AQUA Keboncandi Adakan Program Konservasi Air Terintegrasi Sebagai Bentuk Penyebaran Kebaikan Terhadap Alam
AQUA Keboncandi Kembangkan Potensi Ekonomi Lokal Perikanan dan Pertanian Hidroponik
AQUA Keboncandi Berikan 900 Bibit Pohon Pada Kegiatan Kemah Konservasi Sekolah Sahabat Mata Air 2019
Peduli Korban Banjir, IPNU-IPPNU Kab. Pasuruan Galang Dana Serentak
Fleksibilitas Kurikulum Ala Nadiem Makarim, Upaya Mencapai Reformasi Pendidikan
No Preview
Jelang KONVERCAB PAC IPNU IPPNU Gelar PAKIS¬ (Pekan Akademik dan Kreasi Santri)
No Preview
Budaya Buruk Mahasiswa : Tidak Taat Peraturan Parkir Kampus
Tambahan Menu! Bahan Acuan Santri Asrama H Rayakan Tahun Baru 2020
Persiapkan Tahun Baru Dengan Pesta Pora, Belasan Santri Lantunkan Nadzom Alfiyah
Arjuna Sholawat Sebet Penghargaan Vokal Terbaik Se-Pondok Pesantren Ngalah
Menjalin Silaturahmi Lewat Temu Alumni
Nikmati Wisata Berbeda di Wisata Panci Pandaan Kab. Pasuruan
Menikmati Pesona Alam dengan Berenang di Goa Jalmo
Pasar Malam Hadir di Desa Dayurejo
Di Banjiri Pengunjung, Water Boom Arsmeper Berikan Sensasi Mandi Busa
Kh.Chusnaini Ilyas Hadiri Pengajian Umum di Ngetrep Ngoro
Kemacetan Arus Jalan Raya Prigen, Cukup Panjang
Desa Kedawung Wetan Pasuruan Kembali Terendam Banjir
Serah Terima Jabatan Kepala Desa Cendono