Musim Hujan, Tingkatkan Potensi Penurunan Data Pengunjung Wisata Pantai Ngalur Tulungagung

""

Gambar : Suasana Pantai Ngalur dengan Pengunjung (03/1)

Portalarjuna.net-Tulungagung, Pesona yang tersembunyi dari Pantai Ngalur Tulungagung semakin terlihat nyata dengan adanya penurunan volume jumlah pengunjung selama sepekan terakhir. Telah diprediksi karena datangnya musim penghujan inilah yang menjadi kendala warga untuk berkunjung. Utamanya, akses jalan menuju lokasi pantai menjadi lebih sulit dilewati kendaraan mengingat track sejauh 2 Km yang harus  dilewati adalah jalan tanah atau jalan setapak khas pegunungan.

Penurunan jumlah pengunjung atau wisatawan menurun drastis, diperkirakan hingga mencapai 20% dari kunjungan wisatawan pada musim kemarau lalu. Hal ini menjadi permasalahan bagi masyarakat yang memiliki ladang perekonomian di lokasi wisata tersebut seperti tukang parkir, petugas kebersihan, toilet umum, serta penjaga loket. Saat ini, belum terdapat stand took penjualan makanan sehingga persoalan perekonomian tidak begitu di permasalahkan karena hanya beberapa orang saja yang memiliki kerja sampingan di lokasi wisata tersebut.

“kalau kemaren waktu masih kemarau panjang itu, bisa 100, 200 lebih pengunjung datang tiap harinya, mungkin yang datang ya mereka yang pengen tau keindahannya, sedikit pengunjung karena area pantai nya ini jauh dari pemukiman warga jadi pengunjung yang datang belum seberapa banyak, dan  juga masih baru di buka wisatanya,memang sudah ada publikasi tapi ya masih baru-baru ini” ujar Fendi penjaga loket.

Gambar : potret jalan menuju bibir pantai ngalur, taken by irna_nana (03/1)

Lokasi wisata Pantai Ngalur yang berada di Kabupaten Tulungagung tepatnya di Desa Jengglungharjo, Tanggung Gunung, Tulungagung, Jawa Timur ini belum begitu sering di jamah manusia. Selain letak jauh dari pemukiman warga, wisatawan masih enggan karena akses jalan menuju lokasi bibir pantai masih berupa track jalur pendakian (hampir), masih berupa tanah gunung yang sewaktu-waktu dpat berubah bentuk karena dilalui kendaraan, apalagi dimusim penghujan seperti saat ini. Namun jangan bimbang, bagi traveller yang suka tantangan untuk adrenalin, lokasi ini sangat cocok untuk dijadikan daftar list destinasi.

Agar sampai dengan selamat di tempat tujuan saat musim penghujan seperti sekarang ini, alangkah baiknya wisatawan memilih untuk melewati jalur pejalan kaki saja, selain tidak perlu membawa motor dengan resiko motor akan kotor, rute jalan kaki lebih dekat daripada menggunakan rute sepeda motor yang harus memutar.(irna)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.