Eksotika Coban Binangun

""

Pesona keindahan alam sekitar kota Pandaan – Pasuruan memang patut kita banggakan dan kita syukuri,
hal tersebut dapat kita jumpai pada sebuah air terjun atau lebih dikenal dengan sebutan “Coban”.

Terdapat lokasi air terjun yang terletak di antara 2 Desa yang membagi antara desa Durensewu dan desa Plintahan Kecamatan Pandaan. Tepatnya di Dusun Binangun Dan Dusun Genengan. Akses menuju Air Terjun ini dibagi menjadi 2 Alternatif.

Setiap jalur memiliki sebutan berbeda, jika melewati Dusun Binangun disebut Coban Binangun dan jika melewati Dusun Genengan disebut Coban Genengan.

Akses jalan menuju Coban tersebut jika melewati Dusun Binangun, Lokasi Air Terjun melewati persawahan dengan jalan setapak yang cukup sempit. Ada dua alternatif jalan yang ditawarkan yaitu melewati jalur Utara sedikit lebih dekat dengan melewati tebing-tebing yang juga memacu adrenalin, tetapi jalur tersebut cocok buat yang suka mendaki.

Yang kedua melewati Dusun Genengan. Lokasi Air Terjun melewati perkampungan dan juga persawahan ditemani dengan pemandangan yang begitu indah.

Tidak ada biaya masuk, alias gratis. Hanya saja, di lokasi ini, belum tersedia tempat parkir. Pengunjung biasanya memanfaatkan lahan perkebunan warga sekitar, untuk memarkir kendaraannya.

Coban ini masih alami, karena dikelilingi dedahunan hijau. “Bahkan terdapat Pohon Bendo atau bisa disebut Pohon soekarno yang seperti ada di Arab,” Ungkap Pak Sutopo selaku tokoh masyarakat Dusun Genengan.

kepala Dusun Genengan, Wujud mengatakan, Air terjun tersebut sudah lama ditemukan, dan sempat juga di buat seperti Arum Jeram di Coban tersebut.

Dikatakan, nama “Coban” karena seperti Air terjun tetapi tidak tinggi. Bahkan disitu terdapat sebuah Goa yang mana ada hubunganya dengan Kerajaan Singosari. Goa tersebut katanya bisa menembus sampai Candi Jawi, dulu ada seorang dari suwayuwo yang melamar putri njawi dikarenakan ada suatu angin beliung akhirnya dia membuat Goa ditempat tersebut yang bisa menembus ke Candi Jawi.

“Harapanya semoga bisa dikelola dan dikembakan bersama – sama Dusun Genengan dan Dusun Binangun.” Lanjutnya.

Saat ini belum terlalu banyak pengunjung yang datang . Dikarenkan kurangya informasi dan cuaca yang masih sering hujan.(agus)

Leave a Reply