Meriahkan Hari Kartini, MTs-MA Unggulan Singa Putih Gelar Kegiatan Waspada Covid-19 di Lingkungan Sentong, Lumbangrejo

""

 

Gambar : Potret santri Singa Putih usai penyemprotan (22/04)

PortalArjuna.Net-Prigen, pandemi Covid 19 yang merajalela di Indonesia tak menyurutkan semangat santri Singa Putih Munfaridin untuk menyemarakkan peringatan Hari Kartini. Salah satu bentuk Peringatan Hari Besar Nasional guna mengenang perjuangan Ibu Raden Ajeng Kartini dalam bidang kesetaraan gender, terutama di Indonesia.

Dalam peringatan tersebut digelar serangkaian bentuk kegiatan lomba di antaranya : USP Cup, Grojokan Sewu, Sarung Brutal, master cheafood, dll. Kegiatan kegiatan lomba tersebut tentunya digelar dengan pertimbangan menjaga kebugaran dan menjaga imunitas santri di tengah mewabahnya virus covid 19. Di puncak kegiatan, santri menggelar kegiatan upacara bendera dan penyemprotan desinfektan pada daerah range 1 MTs-MA Unggulan Singa Putih yang bertepatan di Dusun Sentong, Desa Lumbang Rejo Prigen.

Dalam kegiatan upacara, Ustad Muhammad Asrori LC selaku kepala MA Unggulan Singa Putih yang bertindak sebagai pembina menekankan pentingnya santri dan guru untuk membasmi sifat kudis (kurang disiplin) dan kutil (kurang teliti) dalam proses menuntut ilmu. Dengan demikian, baik santriwan maupun santriwati diharapkan dapat bertindak sesuai dengan pemikiran Raden Ajeng Kartini guna membangun peradaban bangsa di kemudian hari. Selain itu, dengan adanya kegiatan penyemprotan desinfektan secara gratis di lingkungan MTs-MA Unggulan Singa Putih ini diharapkan juga dapat melatih jiwa kepekaan sosial santri terhadap isu dan perkembangan perjalanan bangsa dan dunia.

Adapun kegiatan penyemprotan desinfektan ini tidak hanya sekali dilakukan oleh MTs-MA Unggulan Singa Putih. Sebelumnya, pihak MTs-MA USP ini telah bekerja sama dengan pemerintah daerah, komunitas dan Puskesmas guna melakukan kegiatan penyemprotan. Uniknya, dalam kegiatan penyemprotan yang kedua ini santri secara khusus meracik dan menyemprotkan sendiri ramuan desinfektan dengan dampingan guru.

“Total ada 65 liter desinfektan yang disemprotkan di sekitar lingkungan Mts-MA USP, baik itu di lingkungan pesantren,sekolah maupun di perumahan penduduk. Dalam penyemprotan ini, tak lupa kami membekali santri dengan APD lengkap.” ujar salah satu guru. (Dn)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.