Pasuruan, Jawa Timur
Jumat, 26 April 2024

PELUNCURAN RESMI KARTU PRAKERJA, BERIKUT CARA PENDAFTARAN DAN BENEFIT YANG DI DAPAT

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp
Gambar by : prakerja.go.id

Portalarjuna.net, Pasuruan-“Kartu Prakerja” resmi diluncurkan oleh pemerintah pada 11 April 2020. Pada program ini untuk gelombang pertama akan dibuka hingga 16 April 2020 pukul 16.00 WIB. Jadi sudah tahu cara daftar di Prakerja.go.id?

Pengumuman peserta yang lolos pada program Kartu Prakerja akan diumumkan pada Jumat, 17 April 2020. Total peserta yang akan direkrut 164 ribu peserta.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan, syarat utama untuk bisa mendapatkan pendidikan ini adalah warga negara Indonesia berusia minimal 18 tahun dan sedang tidak mengikuti pendidikan formal.

Selain itu, tujuan percepatan peluncuran Kartu Prakerja juga dilakukan untuk membantu agar masyarakat yang dirumahkan atau di PHK serta pelaku UMKM yang terdampak COVID-19 bisa mengikuti program ini.

“Tujuan dari Kartu Prakerja semula meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kini juga meringankan beban biaya hidup terutama membantu daya beli, terutama kebutuhan sehari-hari. Dengan kata lain Kartu Prakerja juga berfungsi sebagai instrumen berikan bantuan sosial atau jaring pengaman sosial,” ujar Airlangga saat peluncuran Kartu Prakerja secara virtual.

Untuk mengikuti pekerjaan ini program ini pekerja harus mendaftar di situs prakerja.go.id. Berikut caranya:

  1. Daftarkan akun pribadi di situs prakerja.go.id. Untuk ini kamu harus memasukkan email dan nomor ponsel.
  2. Selanjutnya akan dikirimkan kode verifikasi ke email atau nomor ponsel.
  3. Selanjutnya login akun dan klik daftar kartu pra kerja dan isi formulir pendaftaran.
  4. Selanjutnya akan ada tes kemampuan dasar.
  5. Jika dinyatakan lulus maka kamu akan dihubungi dan memilih pelatihan yang ingin diikuti.
  6. Setelah terdaftar nanti peserta akan mendapatkan hak untuk diberikan pendidikan dan pelatihan dan akan diberikan sertifikat setelah dinyatakan lulus. Pendidikan yang didapatkan bisa secara offline maupun online.

Selain itu, peserta akan mendapatkan insentif sebesar Rp 3.550.000 per orang. Rinciannya Rp 1 juta untuk bantuan pelatihan, Rp 600 ribu selama 4 bulan untuk insentif pelatihan dan Rp 150 ribu insentif survei pekerjaan yang dilakukan sebanyak 3 kali.(Isn/ndr)

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Tulisan Terakhir

Advertorial