Camat Pasrepan Serahkan langsung BLT DD Dampak Covid-19 di Desa Klakah

""

Camat Pasrepan Menyerahkan BLT DD Didampingi Kades Klakah dan Muspika

Portalarjuna.net-Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1441 H, Bantuan langsung tunai dana desa (BLT DD) Dampak Covid-19 di Desa Klakah Kecamatan Pasrepan Kabupaten Pasuruan telah disalurkan.

Secara simbolis, bantuan diserahkan langsung oleh Camat Pasrepan, Babinkamtibmas, dan Kepala Desa, yang disaksikan jajaran BPD,Perangkat beserta KPM, jum’at (22/5/2020)

Dalam acara tersebut Zaki Yamani, S.STP.MT Camat Pasrepan, menjelaskan bahwa Pemerintah telah membuat kebijakan menyediakan beberapa bantuan baik dari pusat kemensos (PKH, BPNT), Pemprov dan juga Pemda, sedangkan BLT DD merupakan dana refocusing Apbdes 2020, sesuai PMK 40 sebagai dampak dari Covid-19.

Selain itu, Camat baru tersebut, menambahkan  dalam penyaluran berbagai macam bantuan tersebut tidak boleh tumpang tindih dalam artian satu KK hanya boleh mendapat satu sumber bantuan.

“Ada berbagai macam sumber bantuan, untuk itu pemerintah desa harus betul-betul memperhatikan agar tidak tumpang tindih dalam penyaluran bantuan tersebut. Sedangkan untuk masyarakat yang belum menerima bantuan mohon bersabar karena penjadwalan tidak bersamaaan” Terangnya

Semantara Kepala Desa Klakah Nur Halim menerangkan BLT DD di desanya diserahkan kepada 32 KPM, yang sudah dipastikan masuk kategori sesuai regulasi yang berlaku, serta tidak menerima bantuan sebagaimana disampaikan camat Pasrepan

“Ada 32 Keluarga Penerima Manfaat yang saat ini menerima Bantuan Langsung Tunai, Kemarin sudah ada yang mendapat BST kantor pos, Sembako Covid dan masih adalagi bantuan yang rencana akan turun di Desa kita, mudah-mudahan cepat tersalur kepada warga agar bias membantuh ditengah pandemic covid-19 ini”Tutur Ketua AKD Pasrepan Tersebut.

Kepada Portal Arjuna Muslim.S.I.Kom selaku Pendamping Desa mengatakan masing-masing KPM menerima uang tunai sebesar Rp600 ribu diberikan selama 3 bulan, terhitung sejak April hingga Juni 2020.

“BLT DD ini sasaranya yaitu orang miskin, orang sakit kronis bertahun-tahun, dan orang Miskin mendadak yang kehilangan pekerjaan karena pandemi Covid-19. tentunya mereka yang bukan penerima bantuan dari APBN maupun APBD, dalam bentuk PKH, BPNT dan yang telah disampaikan camat tadi” ungkapnya.

Dalam pantauan kami, dalam kegiatan ini sangat memperhatikan protocol kesehatan mulai  memakai masker, cuci tangan dan menerapkan physical distancing dalam hal tempat duduk (Mus)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.