Jalur Pendakian Gunung Arjuna Welirang Via Tretes Masih Di Tutup

""

PortalArjuna.net- Prigen, Jalur pendakian Gunung Arjuno-Welirang masih di tutup hingga batas yang belum ditentukan. Pada peninjauan petugas jalur pendakian akan dibuka sesuai dengan perkembangan kondisi yang terjadi.

Meski sudah di terapkannya Kebijakan New Normal dari pemerintah, namun karena sebagian wilayah di Kabupaten/Kota Pasuruan yang masih menjadi zona merah, maka penerapkan kebijakan New Normamenyeluruh. Hal ini, menyebabkan beberapa sektor pariwisata masih belum buka. Seperti halnya, pada jalur pendakian di Gunung Arjuna Welirang. Salah satu jalur pendakian Gunung Arjuna Welirang via tretes yang di miliki Tohura Raden Soedjo di tutup mulai tanggal 18 Maret 2020 dan akan di tinjau kemali sesuai dengan perkembangan kondisi yang terjadi secara normal

Keputusan tersebut juga berlandaskan Surat Edaran Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor: SE.1/MENLHK/SETJEN/SET.1/3/2020, 15 Maret 2020 tentang Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

“sejak adanya pandemi covid ini jalur pendakian yang berada di wilayah tretes ini masih tutup hingga sekarang “ ujar Heru (salah satu pendaki di pasuruan)

Suhu gunung yang rendah dan daya imun yang turun karena kecapean dan saling bergombol ini mengakibatkan beresiko tinggi terinfeksi virus corona atau covid-19.

Banyak orang yang mendukung penutupan pendakian ini, dikarenakan dalam hal ini gunung bisa memulihkan ekosistem meski dalam kurun waktu yang tidak lama serta dapat mengurangi resiko penularan dan penyebaran virus corona. (Sutres)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.