7 Point Penting Persiapan Sebelum Interview Kerja Via Online

""

Sumber : @asesmeindonesia

PortalArjuna.Net-Pasuruan, Sekarang ini, wawancara kerja tak hanya bisa dilakukan dengan tatap muka, tapi juga melalui internet dengan menggunakan video call. Biasanya, video call dilakukan jika Anda sang calon atasan berbeda domisili, bisa jadi berbeda kota atau bahkan negara.

Nah, sebelum melakukan interview melalui video call, simak dulu yuk persiapannya.

1.Berpenampilan formal

Meskipun wawancara dilakukan dengan video call dari rumah, bukan berarti Anda bisa berpakaian seenaknya. Tetap gunakan pakaian yang formal, cukup kemeja dan celana atau rok bahan. Jangan lupa juga untuk memperhatikan tatanan rambut dan juga penampilan wajah ya

2, Pilihlah tempat yang formal

Selain gaya berpakaian, ruangan yang akan kita gunakan saat video call harus diperhatikan. Jika anda sedang berada di rumah, lebih baik gunakan ruang tamu. Perhatikan juga ruangan di sekeliling Anda, utamakan kerapihan sekeliling ruangan yang mungkin akan terlihat di kamera.

3. Gunakan headset

Anda perlu menjaga pendengaran Anda dengan menggunakan headset dan juga memastikan bahwa sang pewawancara mendengar jelas suara Anda.

4. Pastikan sekeliling Anda tenang

Tetaplah jaga ketenangan saat berbincang dengan sang pewawancara. Jika Anda sedang berada di rumah, pastikan Anda mematikan lagu yang sedang diputar dan menutup pintu ruangan. Jangan lupa juga untuk menyampaikan ke anggota keluarga Anda di rumah bahwa Anda akan menerima interview online agar mereka menjaga ketenangan rumah.

5. Hindari gangguan

Nggak mau kan di tengah-tengah perbincangan tiba-tiba ada teman atau keluarga Anda yang memanggil? Nah, makanya, jangan lupa sampaikan pada mereka untuk tidak mengganggu Anda pada saat tersebut dan jelaskan alasannya.

6. Pastikan koneksi internet Anda normal

Hal terpenting saat sedang melakukan perbincangan wawancara secara online adalah koneksi internet. Perbincangan yang putus ditengah-tengah karena koneksi internet akan membuat ketidaknyamanan. Oleh karena itu, pastikan bahwa koneksi internet Anda normal dan persiapkan handphone Anda yang terkoneksi dengan internet dengan baik untuk berjaga-jaga saat WiFi di rumah mati.

7. Pulpen dan kertas itu penting

Selama wawancara, mustahil jika Anda bisa mengingat semua pembicaraan. Oleh karena itu, perlu hukumnya untuk tetap menyiapkan pulpen dan kertas di sekitar Anda, berjaga-jaga untuk mencatat semua hal yang penting. (dhea)

 

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.