Mahasiswa KKN UYP, Berhasil Ubah Sistem Bank Sampah Manual di Parerejo Menjadi Sistem Digital

""

PortalArjuna.Net-Pasuruan, Mahasiswa KKN Universitas Yudharta Pasuruan berhasil mengubah sistem pengelolaan bank sampah di Parerejo, Purwodadi. Bermula dari Bank Sampah dengan pengelolaan secara manual, kini beralih pada sistem digital.

Salah satu yang mendukung meningkatnya kebersihan Desa Parerejo yaitu adanya penggunaan system bank sampah. Pada sistem ini, sampah organik dan non organik akan di pilah untuk di kelola, bahkan sampah-sampah tersebut dapat diubah menjadi nominal di Bank Sampah.

Desa Parerejo saat ini sangat peduli dalam sektor lingkungan. Mulai kebersihan, penghijauan, hingga pengolahan sampah. Sehingga, Bank Sampah menjadi program unggulan yang diterapkan.

Pada awal mula pembentukan bank sampah, masyarakat Parerejo masih menggunakan system manual. Oleh sebab itu, Mahasiswa KKN Universitas Yudharta Pasuruan berinisiatif menerapkan system digital pada pengelolaan Bank Sampah agar transaksi lebih mudah.

Untuk merealisasikan program tersebut mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Yudharta pasuruan melakukan kegiatan sosialisasi E-Bank Sampah kepada pengelola internal Bank Sampah di Kantor Bank Sampah Desa Parerejo (25/7).

Kegiatan sosialisasi berjalan lancar dan sukses. Hal ini dapat dilihat dari partisipasi masyarakat dalam mendengarkan penjelasaan dari Mahasiswa KKN. Masyarakat bersyukur, pengelolaan SDM di Desa Parerojo semakin berkembang.

“saya sangat berterimakasih kepada Mahasiswa KKN Universitas Yudharta Pasuruan, karena sudah membantu mengembangkan salah satu sumber daya manusia yang ada di desa parerejo ini menjadi lebih berkembang dengan adanya system digital pada pengolahan bank sampah” tutur Maskur selaku Kepala Desa dalam sambutannya.(Ariman)

 

Ed : Irn

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.