Kembangkan Inovasi Baru, Mahasiswa KKN Olah Bunga Kenanga Jadi Handsanitizer

""

PortalArjuna.Net-Pasuruan, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Yudharta Pasuruan melakukan pelatihan pengolahan Bunga Kenanga bersama ibu-ibu Kelompok Wanita Tani (KWT) Dusun Bakalan, Desa Gajahrejo Purwodadi Pasuruan.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Ketua KWT dusun Bakalan yang mana dalam sambutannya, beliau menyampaikan apresiasi serta terima kasih pada mahasiswa KKN yang telah memberikan pengetahuan serta keterampilan untuk mengelola bunga kenanga kepada masyarakat khususnya ibu-ibu PKK.

Kegiatan tersebut dikemas dalam pelatihan perwujudan Inovasi Baru Dari Bunga Kenanga Menjadi olahan sabun, handsanitizir dan minyak rambut. Kegiatan ini diikuti oleh ibu-ibu KWT Dusun Bakalan yang diselenggarakan di Rumah Bapak Kasiono selaku Kepala Desa Gajahrejo.

Menurut Bu Alul selalu salah satu pengelolah usaha bunga Kenanga, Desa Gajahrejo merupakan satu-satunya penghasil bunga kenanga se Kecamatan Purwodadi. Umumnya masyarakat disini ketika panen Bunga Kenanga langsung di jual ke pasar. Ketika pasar sudah tidak menampung lagi, mereka akan menjualnya ke pengepul untuk diolah menjadi minyak kenanga mentah, meskipun harga jual relatif murah.

Kegiatan ini bertujuan agar ibu-ibu mampu mengetahui serta mempraktikan langsung dilingkungan keluarga, bahwa bunga kenanga tidak hanya dijual, namun bisa diolah menjadi beberapa produk seperti sabun mandi, minyak rambut dan handsanitizer.

“Semoga dari kegiatan ini dapat bermanfaat bagi ibu-ibu dan dapat menciptakan ekonomi kreatif baru di tengah pandemic Covid-19 ini yang mungkin dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di Desa Gajahrejo ini. “ Ujar Pak Izan selaku kepala dusun.

Sebelumnya sudah pernah ada pelatihan pembuatan sabun Bunga Kenanga, namun belum sempat melakukan pengelolaan lanjutan.

“ Sebelum adanya kegiatan ini, kebanyakan masyarakat menjual langsung bunga kenanga sebagai sarana untuk nyekar di pemakaman. sebelumnya juga terdapat pelatihan membuat sabun dari bunga kenanga, namun catatannya sudah hilang jadi kami lupa cara membuatnya, kalau sekarang mahasiswa KKN membuat inovasi baru lagi membuat handsanitizir dan juga minyak rambut, ” Sambungnya.

Semoga dengan adanya inovasi baru dari bunga kenanga ini dapat di tingkatkan lagi sehingga mampu menjadi sebuah produk yang layak jual dan meningkatkan serta mendorong pertumbuhan ekonomi, baik masyarakat maupun Desa Gajahrejo. (Rizqi/Afif)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.