Pesona Wisata Baru Puncak Lawangan Tutur Pasuruan

""

PortalArjuna.Net-Pasuruan, Dalam masa pandemi seperti saat ini, pasti masyarakat masih banyak yang enggan untuk keluar rumah bahkan, walaupun sudah diberlakukan new normal, mereka cenderung memilih untuk tetap tinggal di rumah saja daripada berwisata dan berkelana.

Namun, tak sedikit juga orang yang memilih untuk berwisata, walaupun menyadari adanya penyebaran Covid-19 masih berpotensi menyerang. Hal ini disebabkan adanya rasa jenuh setelah sekian lama menjalani karantina #dirumah aja.

Tempat wisata saat ini, memang sudah dibuka dengan syarat mematuhi peraturan protokol kesehatan untuk bisa menjaga penularan Covid-19, tujuannya agar wisatawan dapat menikmati wisata dengan aman dan tenang.

Salah satu wisata yang baru buka di Kabupaten Pasuruan, yaitu wisata puncak Lawangan, wisata yang berada di Dusun Manggungan, Desa Blarang ini, sudah dibuka sejak 1 bulan yang lalu.

Walaupun termasuk wisata yang baru dibuka, keramaian wisatawan yang berkunjung tergolong banyak, meskipun wisatawan yang berkunjung di dominadi oleh pengunjung lokal sekitar lokasi wisata.

Puncak Lawangan menunjukkan pemandangan view eksotis  di perbatasan 2 kabupaten, yakni Pasuruan dan Malang. Dengan ketinggian 1486 Mdpl, puncak ini menjadi salah satu wisata yang wajib didatangi. Biaya masuk saat ini cukup terjangkau, hanya dengan Rp10.000 rupiah termasuk parkir, pengunjung sudah bisa masuk menuju ke atas puncak.

Jalur menuju ke puncak yaitu 1 jalur dan dipertengahan perjalanan terdapat 2 jalur antara menuju puncak tertinggi dan jalur balik, jarak tempuh sekitar 1,5 kilometer dari perizinan untuk menuju kepuncak dibutuhkan sekitar 45 menit untuk bisa naik keatas.

Wisatawan diminta hati-hati ketika menuju puncak karena ketika hampir sampai puncak kemiringan tanah cukup menanjak, pihak pengelola sudah menyiapkan tali yang terpasang di setiap jalur tersebut.

Wisata baru ini dikelola oleh pemuda Karang Taruna, saat ini para pemuda masih melakukan pengelolaan lanjut, untuk memberikan fasilitas-fasilitas yang layak kepada pengunjung.

“wisata ini akan terus dikelola dengan baik oleh pemuda karang taruna dusun disini, agar lebih memudahkan pengunjung yang datang dengan keamanan yang tetap terjaga” tutur pak Burhan warga setempat.

Di tempat menuju puncak sudah terdapat fasilitas WC dan musholla yang sudah bisa dipakai oleh pengunjung. Jadi, jangan khawatir dengan fasilitas wisata puncak lawangan saat ini.

Untuk warga Pasuruan dan masyarakat luar daerah lainnya, dan suka traveling bisa langsung datang dan menikmati wisata baru ini di Desa Blarang Kecamatan Tutur, Pasuruan.

View yang indah, elok dipandang mata, berpadu dengan udara segar di sekitar patut untuk dinikmati untuk liburan bersama keluarga. (Taufik)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.