Makna Logo PaSOPaTI 2020 Universitas Yudharta, Bertema Keberagaman Sinergi Bangsa

""

PortalArjuna.net-Pasuruan, Terlihat sederhana, Logo kegiatan Pekan Sosialisasi dan Orientasi Perguruan Tinggi (PaSOPaTi) 2020 Universitas Yudharta Pasuruan yang bertemakan keberagaman ternyata kaya makna.

Sekilas dapat dilihat, pada logo PaSOPaTi 2020 ini terlihat seperti badan burung merak. Nampak sederhana bukan?? Tak hanya bentuknya yang unik, dalam logo tersebut juga tampak indah dengan corak perpaduan warnanya.

Meski nampak sederhana, ternyata logo tersebut memiliki makna yang mendalam. Berikut makna dan filosofi simbol-simbol dalam logo PaSOPaTi 2020.

Logo ini menggambarkan tema besar dari kegiatan PaSOPaTi tahun 2020 yaitu “keberagaman yudharta, sinergi bangsa”, dalam hal ini, Adanya keberagaman yang dimiliki Universitas Yudharta di harapkan dapat membuat bangsa bersinergi. Walaupun banyak perbedaan namun akan tetap menuai persatuan dan kesatuan.

Gambar : Makna logo by Imam Ali S.

Makna Simbol pada logo

Kali ini, logo PaSOPaTi terdiri dari 4 unsur utama yakni kepala merak, Sayap, batik pada sayap, serta bunga. Masing-masing unsur memiliki makna yang mendalam.

Kepala merak sebagai lambang keberagaman menjelaskan suatu kondisi dalam masyarakat yang terdapat banyak perbedaan dalam berbagai bidang.

Batik melambangkan bahwa Indonesia tidak hanya memiliki keberagaman suku bangsa, ras, agama, keyakinan namun Indonesia juga memiliki budaya yang beragam.

Bunga yang melambangkan keharmonisan memiliki pesan agar perbedaan dan keragaman tidak mengurangi rasa kasih dan sayang pada sesama.

Sayap memiliki makna kebebasan. Mahasiswa diberikan gak untuk kebebasannya dalam berpendapat, berekspresi dan bertindak. Bersifat menyeluruh dan tidak mendominasi.

Selain itu, Warna ungu pada merak berarti memiliki wawasan luas, biru pada bunga memiliki arti sinergi, pink tua memiliki arti kehangatan,serta warna Orange memiliki arti semangat.

Pada logo ini, telah menjelaskan bahwa citra Universitas Yudharta sebagai The Multicultural University, diharapkan dapat menyatukan keberagaman yang ada dan bersinergi untuk menjunjung persatuan dan kesatuan bangsa.

“Harapannya, dengan keberagaman yang dimiliki Yudharta mulai dari perbedaan keyakinan, adat, rasa, maupun etnis para mahasiswanya tetap bisa bersatu untuk bersinergi dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan Indonesia”, terang Zidan selaku koordinator Devisi Acara.

Ed : Irnaa

 

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.