Eksistensi Monstera, Si Hijau Yang Kekinian

""

Gambar: Bunga Monstera (www.google.com/pontianakpost.co.id)

PortalArjuna.Net- Pasuruan, Janda bolong atau yang dikenal dengan sebutan monstera merupakan salah satu tanaman hias yang berasal dari negera Amerika yang saat ini eksistensiya sedang naik daun dikalangan masyarakat Indonesia, terutama saat adanya pandemi covid-19. Kebanyakan masyarakat Indonesia menghabiskan waktu luang dengan budidaya tanaman yang memerlukan penyiraman pada jam 6-7 pagi.

Keunikan dan keindahan tanaman hias monstera satu ini ternyata menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Pasalnya, tanaman ini hanya dijadikan sebagai pelengkap tanaman lain yang diletakkan di halaman rumah. Akan tetapi, saat ini banyak masyarakat Indonesia yang menjadikannya sebagai tanaman dekorasi atau tanaman hias yang memiliki nilai estetik jika diletakkan didalam rumah.

Tanaman monstera sendiri merupakan sejenis tanaman liar yang sering ditanam sebagai tanaman hias yang dapat dinaman di media pot, vas ataupun bisa ditanam langsung di media tanah. Di Indonesia sendiri, monstera seringkali ditemukan didalam hutan yang merambat diberbagai pohon-pohon yang memiliki ukuran sangat besar.

Tanaman monstera ini juga memiliki banyak jenisnya yang cocok untuk dibudidayakan diantaranya yaitu monstera adasonii, monstera deliciosa, monstera obliqua, monstera dubia, monstera variegate, monstera siltepecana, dan monstera borsigiana.

Untuk menanam tanaman hias satu ini, setidaknya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, pilihlah tekstur tanah yang disukai oleh tanaman monstera yaitu berpasir, mengandung banyak bahan organik, memiliki drainase yang baik. Kedua, letakkan tanaman monstera yang memiliki intensitas cahaya matahari yang rendah. Karena tanaman hias satu ini, tidak begitu menyukai cahaya matahari langsung. Ketiga, letakkan monstera di suhu yang rata-rata atau letakkan monstera diruang yang sedikit lembab. (SAB)

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.