Akibat Cuaca Buruk Hasil Panen Mangga di Desa Wonokerto Merosot Drastis

""

Gambar : http://www.pasuruankab.go.id

PortalArjuna.Net-Pasuruan, Petani mangga alpukat di Desa Wonokerto, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan tak sesuai harapan. Meski banyak yang panen, namun produktifitas mangga yang dihasilkan pada musim tahun ini menurun drastis bila dibandingkan dengan hasil panen mangga tahun lalu.

Sugiono selaku petani mangga alpukat menjelaskan bahwa tahun lalu dari 3 hektar lahan pohon mangga bisa menghasilkan 2 ton mangga alpukat, namun di tahun ini maksimal hanya bisa 1,2 ton perhari.

“Terasa sekali menurunnya produktifitas mangga di musim ini. Sampai menurun hingga 40 persen kalau dibanding musim mangga tahun kemarin. Karena faktor cuaca berpengaruh terhadap perkembangan buah yang terkenal dengan aroma dan warnanya ini. Kalau masalah hama hampir bisa ditangani dan tak ada kendalanya,” ujar Sugiono, saat di temui di kebun mangga miliknya pada Senin (30/11/2020)

Menurut petani, menurunnya produktifitas mulai dirasakan di musim penghujan. Hal itu disebabkan cuaca buruk musim penghujan membawa lalat buah yang bisa merusak kualitas buah mangga itu sendiri. Sebaliknya pada musim kemarau, mangga akan dapat berbuah sampai besar dan banyak.

Perlu diketahui, 80% profesi warga desa Wonokerto sebagai petani mangga dan terdapat 300 hektar lahan kebun mangga yang dimiliki warga.

 

Reported by : Milatul K

Editor : Lilian S

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.