Beternak Ayam Petelur Membantu Ekonomi Dimasa Pandemi

""

PortalArjuna.net – Pasuruan, Ternak ayam petelur yang ada di Desa Sudimulyo Kecamatan Nguling membantu perekonomian Abdul Rohman, pemilik ternak ayam tersebut. Untuk beternak ayam petelur tersebut sangatlah mudah, hewan unggas ini tidak terlalu membutuhkan makanan yang beraneka makanan

Bapak Rohman selaku pemilik ternak ayam petelur tersebut rutin memberi makanan yang sudah dipesan khusus. Dia memberi makanan waktu pagi, sore, dan malam, yang paling penting ayam tidak sampai kehabisan makanan. Ayam petelur memerlukan suhu yang dingin, sehingga Bapak Rohman menyediakan beberapa kipas angin karena suhu di Desa Sudimulyo sangat panas.

“Setiap panen telur sampai 50 kg/hari karena pasokan ayam yg masih sedikit dan lahan yang sempit” ujar Bapak Rohman.

Pemasaran telur tersebut biasanya dipasarkan ke toko-toko atau warung yang bersedia memasarkannya. Terkadang ada pembeli yang membeli langsung ketempat peternakan. Untuk harga perkilonya Rp. 25.000, bagi pembeli yang datang langsung ketempat peternakan harga perkilonya Rp. 24.000.

“Mengingat masa pandemi ini yang terus berlanjut, beternak ayam petelur adalah salah satu usaha yang sangat menguntungkan dan tepat untuk dijalankan” ujar Bapak Rohman.

Dimasa pandemi banyak orang yang kesulitan mencari lapangan pekerjaan, Bapak Rohman memlilih usaha beternak ayam petelur karena dirasa sangat menguntungkan dan tidak lupa juga melanggar peraturan protokol kesehatan yang di berlakukan pemerintah selama pandemi ini.

 

(RA)

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.