Diadakan Secara Virtual, Surabaya di Tunjuk Sebagai Tuan Rumah Festival TIK 2020

""

Sumber gambar : Kanal YouTube Relawan TIK

PortalArjuna.Net-Surabaya, Menkominfo (Menteri Komunikasi dan Informatika) adakan acara FestivalTIK (Teknologi informasi dan komunikasi) secara virtual pada Sabtu (5/12) yang berpusat di Surabaya. Kegiatan ini diikuti oleh Relawan TIK di seluruh Indonesia. FestivalTIK ini di buka oleh Menteri Kominfo RI,  Jhonny G Plate. Dalam sambutannya beliau mengungkapkan relawan TIK secara terus menerus telah melakukan literasi digital kepada masyarakat di seluruh Indonesia dengan memanfaatkan sekitar 8000 relawan.

Terbukti dengan di rilis nya buku Cerita Relawan TIK Indonesia yang menjadi bukti karya nyata relawan TIK telah menjadi mitra inisiatif digital di Kementrian Kominfo.

“Gerakan ini bisa di katakana sebuah percepatan pencapaian transformasi teknologi di Indonesia melalui kolaborasi Kominfo, Sibekreasi dan Relawan TIK,” ujar Jhonny G Plate.

Dia sangat berharap Relawan TIK bisa menyusun strategi untuk memperkuat peran sesuai tujuannya menjadi pendamping masyarakat di era digital ini. Begitupun Ketua Umum Relawan TIK Pusat, Fajar Eri Dianto mengatakan, saat ini tahapan penting bagi relawan TIK adalah penguatan personal. Sampai saat ini relawan TIK sudah sukses membranding diri, membranding kegiatan dan menguatkan kemampuan personal.

“Tahun 2020 ini, kami lebih fokus pada dua program utama. Pertama, transformasi teknologi masyarakat desa dengan penciptaan akses intenet mandiri lengkap dengan literasi digital masyarakat desa terhadap pemanfaatan akses yang di bangun. Kemudian yang kedua, reformasi ekonomi digital, yaitu sebuah program edukasi dan sosialilsasi yang bertujuan mengubah mindset masyarakat terhadap pemanfaatan teknologi dalam pemulihan ekonomi di kalangan masyarakat,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini pun Ketua Relawan TIK Aceh Fakhrul Maulana menyampaikan, pelaksaan festival TIK tahun ini relawanTIK juga meluncurkan beberapa hal yang bisa menjadi motivasi pergerakan bagi anggota.

“Ada buku kegiatan relawanTIK di seluruh Indonesia, peluncuran Hymne Relawan TIK, penyerahan Sertifikat Champion WSIS Prize 2020 dari ITU-PBB dan di luncurkannya KURURIO sebagai platform pengantaran barang untuk UMKM hasil cipta Eko Prasetnya,” jelasnya.

FestivalTIK 2020 ini mengangkat tema Kolaka WilwaTIKta Paramita, tema tersebut mewakili budaya khas Jawa Timur yang di kemas khusus menggunakan Bahasa Jawa Kuno yang memiliki makna, pemanfaatan TIK pada bangsa Indonesia menuju kesempurnaan berbangsa dalam pemanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi menuju Indonesia emas. (AMS)

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.