Fenomena Gumpalan Awan Aneh yang Ada di Sekitar Gunung Welirang

""

PortalArjuna.net-Pasuruan, Fenomena yang terjadi pada Kamis (05/11), adalah peristiwa yang cukup sangat jarang terjadi dengan hanya momentum-momentum dan waktu tertentu, biasanya ditandai dengan kecepatan angin yang cukup kuat dari beberapa hari di sekitar pegunungan.

Warga sekitar Gunung welirang disuguhkan fenomena aneh yakni gumpalan awan putih yang ada di dekat gunung Welirang. Banyak desas-desus mengatakan hal ini adalah tanda-tanda bahaya dan sebagainya.

Namun Teguh Sri Susanto Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Juanda Sidoarjo mengatakan bahwa fenomena awan aneh ini adalah awan yang menumpuk dan disebut sebagai awan Lentikularis, awan ini biasa tumbuh di sekitar gunung atau daratan tinggi.

Teguh menjelaskan Awan Lentikularis terjadi karena adanya gelombang gunung atau angin lapisan yang cukup kuat dari sisi gunung dan membentur dinding pegunungan, awan ini secara umum tidak menunjukkan adanya tanda-tanda bahaya seperti Gempa atau Tsunami, tetapi awan ini membahayakan untuk dunia penerbangan rendah seperti helikopter, karena dapat menimbulkan turbulensi/guncangan. (aqn)

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.