Menjadi Magnet Wisata Dunia, Candi Borobudur Terapkan Protokol Kesehatan di Tengah Pandemi

""

Gambar : Candi Borobudur

PortalArjuna.Net- Magelang, Candi Borobudur resmi dibuka kembali setelah mendapatkan izin beroperasi dari Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Kabupaten Magelang dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah pada awal Juni 2020 lalu.

Disamping menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah, pengunjung juga dibatasi yaitu hanya 45% pada setiap harinya. Meski sudah kembali beroperasi, akan tetapi untuk sementara pengunjung dilarang naik ke atas candi dan hanya boleh berada di zona 1 atau di pelataran saja yang nantinya akan ditemani oleh seorang pemandu wisata.

Untuk tiket masuk Candi Borobudur kita hanya merogoh kocek Rp. 50.000-75.000 rupiah saja dan Rp. 25.000 untuk anak-anaj, namun harga tersebut hanya untuk taman saja. Apabila ke pelataran candinya pengunjung wajib memakai pemandu. Setiap pemandu akan membawa rombongan maksimal 20 orang dan dikenakan biaya lagi sekitar Rp. 100.000 rupiah.

Wisatawan bisa berkunjung ke candi ini setiap hari. Taman Wisata Candi sudah dibuka mulai dari pagi hingga sore hari tepatnya pukul 08.00-16.00 WIB kecuali hari Senin Candi Borobudur tutup.

Candi Borobudur dari dinasti Syailendra merupakan peninggalan sejarah terbesar Budha di dunia dan tetap menjadi magnet bagi wisata kelas dunia. Apabila berkunjung ke Candi Borobudur jangan lupa untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, selalu memakai masker, sering-sering mencuci tangan pakai sabun, memakai handsinitizer, dan jaga jarak demi kebaikan kita bersama.

 

(CN)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.