Viral, Lagu Indonesia Raya Dilecehkan Warga Malaysia

""

Gambar : Bendera Indonesia dan Malaysia berkibar http://Liputan6.com


PortalArjuna.net, Akhir-akhir ini dunia maya telah dihebohkan oleh pelecehan lagu kebangsaan Indonesia Raya oleh channel youtube My Asean yang diduga akun tersebut milik warga Malaysia.

Dalam akun channel youtube tersebut menggunggah video parodi lagu Indonesia Raya dengan perubahan lirik yang cenderung menghina bangsa Indonesia. Video tersebut berjudul ‘Indonesia Raya Instrumental (Parody+Lyrics Video)’.

Di video itu terdapat gambar burung garuda yang dimaksudnya Pancasila dengan background bendera Indonesia merah putih dengan ditambah dua orang yang seperti membuang air seni. Pelecehan terlihat pada gambar garuda tersebut menjadi karikatur ayam yang terlihat ketakutan dan bendera Indonesia yang dinodai dengan air kencing.

Video diawali dengan ayam berkokok yang kemudian mengiringi aransemen lagu hampir sama dengan lagu Indonesia Raya hingga akhir lagu selesai. Liriknya secara garis besar berisi penghinaan kepada Indonesia dan ada juga yang menyinggung Presiden Jokowi dan Presiden pertama RI, Soekarno.

Hingga saat ini, video tersebut tidak dapat diakses lagi namun ada sejumlah akun dan media pemeberitaan youtube yang menayangkan cuplikan hingga secara lengkap video tersebut.

Menindak lanjuti viralnya video pelecehan terhadap lagu kebangsaan Indonesia tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI langsung menurunkan video viral itu. Kominfo telah bekerja sama dengan platform digital YouTube untuk menghapus video tersebut.

Tak hanya pengunggah video pertama, video lain yang diunggah ulang oleh akun lainnya juga akan diturunkan dan video tersebut kini sudah hilang.

Selain itu, Pemerintah Malaysia juga mengecam keras segala bentuk provokasi negatif dengan niat untuk mempengaruhi hubungan bilateral antara Malaysia dan Indonesia yang selama ini terjalin sangat dekat.

 

(MM)

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.