Air Terjun Yang Hanya Diketahui Warga Pesanggrahan

""

PortalArjuna.net – Mojokerto, Desa pesanggrahan merupakan desa yang berada di Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto, tak banyak wisata yang berada di sana, tetapi tak banyak juga warga luar yang tau adanya panorama indah yang ada di Desa Pesanggrahan.

Warga sekitar menyebutnya Kali Gede, karena memang itu sebenarnya adalah sungai yang besar yang berada di dekat pemukiman warga, tetapi untuk melaluinya, tak gampang juga untuk kesan karena jalan yang masih asri penuh dengan bebatuan dan pasir serta tebing yang curam.

Bukan hanya sungai biasa, Kali Gede mempunyai panorama air terjun yang lumayan untuk menghibur diri dan berswafoto bersama teman-teman maupun keluarga.

Dahulu kala sungai ini hanyalah tempat mencuci baju hingga mandi orang-orang terdahulu yang memang terkenal belum punya kamar mandi pribadi seperti sekarang, dulu warga berbondong-bondong ke Kali Gede ini untuk membersihkan diri mereka, bahkan untuk mengisi air yang akan dipergunakan untuk masak ataupun minum.

Sayangnya Kali gede saat ini sudah tak sebersih dahulu, banyak pebcemaran air dari atas karena semakin banyaknya pabrik yang membuang limbahnya ke sungai dan berakhir di Kali Gede.

Tetapi kini sudah mulai dipergunakan kembali dengan cara yang berbeda, warga terdahulu ke Kali Gede untuk mengambil air atau membersihkan diri, dan orang masa kini mengunjungi Kali Gede untuk menghibur diri dan jalan-jalan melihat pemandangan.

Karena Kali Gede ini hanya diketahui oleh penduduk desa setempat saja, apalagi disaat pandemi ini, kita tidak boleh berpergian tanpa adanya alasan yang jelas karena akan mengancam diri kita sendiri, berlibur di Kali Gede ini cukup menjadi alternatif untuk warga setempatuntuk menghibur diri.

 

(Nad)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.