AMD Akhirnya Ungguli Intel Usai Persaingan 15 Tahun

""

Gambar:ilustrasi prosessor AMD by teknologi.id

PortalArjuna.Net-Purwosari, AMD dilaporkan baru saja mengungguli Intel dalam pangsa pasar (market share) prosesor (CPU) desktop untuk pertama kalinya dalam 15 tahun berkat kekuatan prosesor seri Ryzen, yang pertama kali dirilis pada tahun 2017.

Jika biasanya AMD selalu menjadi cemohan oleh para pengguna desktop, nampaknya sekrang AMD telah bertransformasi menjadi salah satu merk yang disukai oleh para pengguna komputer dekstop

Berdasarkan laporan terbaru dari firma benchmarking, PassMark, pangsa pasar AMD disebut lebih unggul 1,6 persen di atas Intel.

Hasil riset PassMark di QI 2021 menunjukan AMD berhasil mendominasi dengan persentase 50,8 persen pangsa pasar prosesor desktop global. Sementara Intel hanya menguasai 49,2 persen.

Jika kita Kembali pada tahun 2011,perusahaan AMD gagal setelah mikroarsitektur Bulldozer yang menjadi masa kelam bagi AMD,namun saat ini AMD Kembali bangkit lagi dan sekarang sukses menguasai 30% pangsa pasar dalam penjualan prosessor di seluruh dunia dari data yang di rilis oleh CPUBenchmark.

Namun kesuksesan AMD tersebut masih kalah jika di bandingkan intel yang memiliki keberhasilah dalam merilis CPU untuk notebook.

Dikutip dari medkom.id, Perusahaan AMD mengumumkan jajaran prosesor desktop Ryzen 4000 G-Series untuk desktop. Konsumen masih menantikan kehadiran prosesor desktop mainstream Ryzen 4000 Series yang bakal jadi kompetitor serius Intel Generasi ke-10 desktop yang masih mengandalkan fabrikasi 14nm.

 

(AN)

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.